Analisis Pelayanan Impor Menggunakan Sistem Customs Excise Information System and Automation (CEISA) (Studi pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya)

Aulani, HertikaMaulida (2016) Analisis Pelayanan Impor Menggunakan Sistem Customs Excise Information System and Automation (CEISA) (Studi pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perdagangan internasional khususnya impor dikendalikan oleh instansi pemerintah yaitu Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC). DJBC berupaya memperbaiki dan meningkatkan sistem informasi dengan menggunakan Teknologi Informasi. Reformasi yang dilakukan dengan diterapkannya sistem Customs Excise Information System and Automation (CEISA). Sistem tersebut digunakan untuk mempercepat proses pelayanan dan mengurangi resiko human error. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelayanan impor menggunakan sistem CEISA. selain itu mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan dalam pelayanan impor menggunakan sistem CEISA. Metode penelitian ini menggunakan eksploratif research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari 4 informan yaitu pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tanjung Perak. Informan tersebut sebagai pengguna sistem CEISA. Lokasi penelitian berada di KPPBC Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan wawancara dengan dari informan ini menunjukan bahwa pelayanan menggunakan sistem CEISA sudah sesuai dengan langkah-langkah penggunaanya sehingga proses pelayanan impor dapat berjalan lebih cepat. Kerahasiaan data berupa dokumen impor dan syarat-syarat impor terjamin kerahasiaannya. Kelebihan sistem CEISA mudah dan memiliki banyak manfaat bagi penggunannya serta dilengkapi berbagai fitur untuk mendukung pelayanan impor. Terdapat pula kelemahan pada sistem ini yaitu sering terjadi error dan down ketika mengakses sistem dikarenakan banyak user yang masuk dalam sistem tersebut, apabila sistem sedang down pihak KPPBC hanya bisa menunggu respon dari kantor pusat karena sistem CEISA sifatnya terintegrasi dengan pusat. Hal ini yang menyebabkan proses pelayanan menjadi terhenti. Pihak KPPBC dalam kurun waktu yang ditentukan baru diperbolehkan menggunakan sistem manual untuk memperlancar kembali proses pelayanan meskipun waktu yang dibutuhkan menjadi lebih lama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1202/051701691
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Feb 2017 09:48
Last Modified: 23 Feb 2017 09:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118335
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item