Peran Pengawasan dan Tingkat Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Retribusi IMB Guna Memperbaiki Target Retribusi Daerah Kabupaten Situbondo (Studi kasus pada Kantor Pelayanan dan Perijinan Terpadu Kab

Irnayanti, Hardini (2016) Peran Pengawasan dan Tingkat Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Retribusi IMB Guna Memperbaiki Target Retribusi Daerah Kabupaten Situbondo (Studi kasus pada Kantor Pelayanan dan Perijinan Terpadu Kab. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian tentang Peran Pengawasan dan Tingkat Kesadaran Masyarakat dalam Retribusi IMB Guna Memperbaiki Target Retribusi Daerah Kabupaten Situbondo bertujuan untuk mengetahui peran pengawasan yang dilakukan oleh KPPT dalam pemungutan IMB dan tingkat kesadaran masyarakat dalam mengurus. Faktor-faktor yang akan diteliti adalah peran pengawasan oleh KPPT, tingkat pengetahuan, pemahaman dan kesadaran wajib retribusi, penerapan sosialisasi, sanksi, dan hambatan yang dihadapi KPPT Kabupaten Situbondo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah peran pengawasan yang dilakukan oleh KPPT Kabupaten Situbondo, tingkat pengetahuan, pemahaman dan kesadaran wajib retribusi yang termasuk di dalamnya program kerja KPPT untuk meningkatkan tingkat pengetahuan, pemahaman dan kesadaran wajib retribusi, penerapan sosialisasi, sanksi, dan hambatan yang dihadapi KPPT Kabupaten Situbondo. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Lokasi penelitian adalah Kantor Pelayanan dan Perijinan Terpadu Kabupaten Situbondo. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah peran pengawasan yang dilakukan oleh KPPT belum merata, akan tetapi target penerimaan setiap tahunnya tercapai. Target penerimaan tiap kecamatan dijadikan sebagai indikator pengukur kesadaran wajib retribusi untuk selanjutnya dilakukan sosialisasi lebih mendalam. Target penerimaan setiap tahunnya seharusnya bisa lebih tinggi dari yang ditetapkan dari sebelumya dikarenakan faktor-faktor dari kesadaran wajib retribusi meliputi pemahaman dan pengetahuan masyarakat terkait IMB belum optimal. Apabila faktor-faktor dari kesadaran wajib retribusi sudah mendukung, maka berapapun target yang ditetapkan akan tercapai dan kepemilikan IMB lebih merata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1199/051701688
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Feb 2017 13:59
Last Modified: 22 Feb 2017 13:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118330
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item