Analisis Efektivitas Sistem Administrasi Aplikasi Perpajakan (SAAP) pada Proses Penagihan Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur – Malang Kota

Komariyah, Septi (2016) Analisis Efektivitas Sistem Administrasi Aplikasi Perpajakan (SAAP) pada Proses Penagihan Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur – Malang Kota. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar tingginya jumlah tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor yang tercatat pada UPTD Malang Kota pada beberapa tahun terakhir. Kurangnya tanggung jawab serta kelalaian wajib pajak terkait kewajiban membayar Pajak Kendaraan Bermotor ini mengakibatkan tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Malang meningkat secara signifikan pada tahun 2014 dan 2015. Adanya Sistem Administrasi Aplikasi Perpajakan (SAAP) merupakan suatu upaya dari DIPENDA Jawa Timur dalam menunjang proses penagihan Pajak Kendaraan Bermotor selain itu SAAP juga digunakan untuk memantau kinerja pegawai selaku petugas penagih pajak. Fokus penelitian ini yaitu bagaimanakah efektivitas SAAP dalam proses penagihan Pajak Kendaraan Bermotor dan bagaimanakah tingkat efektivitas penerimaan tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor setelah adanya SAAP pada UPTD Malang Kota. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data penelitian ini berdasarkan metode Miles dan Hubberman. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa analisis efektivitas SAAP dalam proses penagihan Pajak Kendaraan Bermotor sangat efektif dan sesuai dengan indikator keamanan data, ketepatan dan kecepatan waktu, ketelitian data, variasi output dan relevansi hasil. Sedangkan untuk tingkat efektivitas penerimaan tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor pada tahun 2013, 2014 dan 2015 dengan persentase 85% pada tahun 2013 dengan kriteria nilai efektivitas cukup efektif, 229% pada tahun 2014, dan untuk tahun 2015 persentase mencapai 198%dan menunjukkan kriteria sangat efektif. Pada penelitian ini dapat dilihat jika efektivitas sistem berpengaruh pada tingkat kinerja pegawai. Sistem ini tergolong baru dan berhasil diterapkan di Jawa Timur namun perlu penyempurnaan dalam hal sarana dan prasarana penunjang system seperti perangkat komputer karena selama ini petugas menggunakan nya secara bergantian. Penambahan server dari Dinas Pendapatan Provisi untuk mengantisipasi terjadinya overload server dan under maintenance system, lalu pemberian mesin genset sangat diperlukan jika terjadi pemadaman pada jam-jam sibuk sehingga mengakibatkan kegiatan penagihan pajak terhambat. Peningkatan kemampuan sistem seperti adanya fungsi menu pada aplikasi yang belum berfungsi dan masih dalam pengembangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1194/051701683
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Feb 2017 10:25
Last Modified: 22 Feb 2017 10:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118325
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item