Upaya Badan Keluarga Berencana Kabupaten Malang Dalam Percepatan Pencapaian Target Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Dewi, Kurnia (2016) Upaya Badan Keluarga Berencana Kabupaten Malang Dalam Percepatan Pencapaian Target Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kependudukan merupakan suatu hal yang masih menjadi perhatian besar bagi pemerintah. Dengan bertambahnya jumlah penduduk yang semakin padat memicu timbulnya banyak permasalahan, ditambah dengan jumlah penduduk yang tinggi namun kualitas sumber daya manusia rendah. Pemerintah Kabupaten Malang melalui Badan Keluarga Berencana mempunyai wewenang dan tanggung jawab penuh dalam hal pengendalian penduduk yang nantinya mampu mengendalikan laju pertumbuhan penduduk dengan cara melakukan program KB. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan di batasi oleh 2 fokus penelitian, yaitu: (1) Upaya dalam percepatan pencapaian target program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) pada Badan Keluarga Berencana Kabupaten Malang; (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat. Sumber data berasal dari data informan, peristiwa dan dokumen serta dari jenis data primer dan data sekunder. Data dikupulkan melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana (2014) melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) Upaya dalam percepatan pencapaian target program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga telah berjalan dengan baik dan bisa memenuhi target namun belum sepenuhnya maksimal yang dilihat dari upaya pencapaian peserta KB baru dengan menjaring akseptor melalui kegiatan gebrakan safari KB, pencapaian peserta KB aktif, dan menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB); (2) Faktor Pendukung dan faktor penghambat terdiri dari (a) Faktor pendukung berupa dukungan dari pemerintah, peran serta petugas kesehatan, dan komunikasi yang baik; (b) Faktor penghambat berupa kurangnya jumlah petugas lapangan KB (PLKB) dan pemanfaatan sarana dan prasarana belum optimal. Rekomendasi penting yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah kegiatan gebrakan safari KB tidak hanya dilakukan pada saat acara-acara tertentu tetapi dilakukan rutin setiap bulan, melakukan penambahan anggota pada petugas PLKB, dilakukan sosialisasi dan pelatihan bagi semua pegawai BKB Kabupaten Malang dari lini atas hingga lini bawah dalam menggunakan sarana dan prasarana, termasuk sosialisasi dan pelatihan bagi mitra-mitra yang telah bekerjasama dengan BKB Kabupaten Malang, serta meningkatkan kegiatan KIE pada masyarakat akan pentingnya menjadi peserta KB aktif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1192/051701681
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Feb 2017 09:26
Last Modified: 22 Feb 2017 09:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118323
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item