Rachmawati, EviraDwi (2016) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Asuransi Kesehatan BPJS (Studi pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan kesehatan masyarakat merupakan salah satu bentuk pelayanan publik, dimana pelayanan publik selalu dilakukan dengan kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, instansi atau lembaga tertentu untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat agar mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini didasarkan pada tugas pemerintah yaitu melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Pelayanan yang diberikan oleh pemerintah di bidang kesehatan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan pemerintah juga diharapkan baik agar memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat. Sehingga penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat melalui program asuransi BPJS Kesehatan di BPJS Kesehatan Kota Kediri. Dalam memenuhi kualitas pelayanan yang ada tentu tidak terlepas dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan merupakan data primer yang bersumber dari BPJS Kesehatan Kota Kediri. Selanjutnya untuk data sekunder bersumber dari dokumen, petunjuk teknis pelaksanaan BPJS Kesehatan, peraturan perundangundangan yang berlaku tentang pelayanan kesehatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dari peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan BPJS Kesehatan Kota Kediri dirasakan cukup berhasil, upaya-upaya yang dilakukan dilakukan dalam meningkatkan kualitas yaitu dengan cara melakukan pelatihanm dan pengawasan terhadap karyawan secara internal, sedangkan secara eksternal terkait dengan transparansi, sosialisasi. Faktor-faktor pendukungnya adalah program sistem online dan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, sedangkan faktor-faktor penghambatnya adalah pemahaman dari pengguna yaitu masyarakat itu sendiri mengenai BPJS Kesehatan. Hasil pencapaian dari upaya peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan BPJS Kesehatan Kota Kediri bisa disimpulkan berhasil sesuai dengan pencapaian target kerja, pendapat pelanggan yang terdapat dari sisi transparansi dan hasil pengamatan dari peneliti bahwa kinerja dari BPJS Kesehatan dalam melayani masyarakat sudah cukup memuaskan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/1166/051701655 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 10:22 |
Last Modified: | 21 Feb 2017 10:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |