Nugroho, TriAtmadi (2016) Pengaruh Syariah Marketing Terhadap Kepercayaan Dan Kepuasan Nasabah (Survei Pada Nasabah Bank Negara Indonesia Syariah Cabang Jaksa Agung Suprapto Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh Syariah Marketing terhadap kepuasan pelanggan, (2) pengaruh Kepercayaan Nasabah terhadap Kepuasan Nasabah dan (3) pengaruh syariah marketing terhadap kepuasan nasabah melalui kepercayaan nasabah. Jenis penelitian yang digunakan dalam adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah Bank Negara Indonesia Syariah Cabang Jaksa Agung Suprapto yang memiliki tabungan BNI Syariah. Sampel yang ditetapkan sebanyak 121 responden menggunakan teknik Purposive Sampling.. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menyebarkan angket secara langsung di Bank Negara Indonesia Syariah Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 48. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) variabel Syariah Marketing berpengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Kepercayaan Nasabah; (2) variabel Kepercayaan Nasabah berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Nasabah; dan (3) variabel Syariah Marketing berpengaruh secara tidak langsung dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Nasabah melalui variabel Kepercayaan Nasabah. BNI Syariah diharapkan mengembangkan dan memaksimalkan empat indikator Syariah Marketing mengingat tingkat kepercayaan nasabah dapat berubah dengan adanya berbagai macam faktor internal maupun eksternal, serta BNI Syariah juga diharapkan menyempurnakan pelayanan dan memperhatikan produk yang ditawaran agar nasabah bisa lebih paham dengan produk yang sesuai dengan syariah Islam.
English Abstract
This research aims to (1) describe the influence of Sharia Marketing to customer trust, (2) Influence of the Customer trust to Customer Satisfaction and (3) influence of Sharia Marketing to customer satisfaction through customer trust . This type of research used is explanatory research with quantitative approach. Samples were set at 121 respondents using purposive sampling technique. Respondents are Customers Bank Negara Indonesia Syariah Branch of Jaksa Agung Suprapto, who have savings in BNI Syariah. This study uses data collection by distributing questionnaires directly in Bank Negara Indonesia Syariah at Jaksa Agung Suprapto 48. Data were analyzed using descriptive analysis and path analysis The results showed that: (1) variable Sharia Marketing direct and significant impact on the Customer Trust variables; (2) Customer Trust variable direct and significant effect on the variable Customer Satisfaction; and (3) Sharia Marketing variable indirect effect and significantly affect the variable Customer Satisfaction through Customer Confidence variables. Thus, BNI Syariah is expected to develop and maximize the four indicators Sharia Marketing given the level of customer confidence can be altered by the presence of various kinds of internal and external factors, as well as BNI Syariah is also expected to enhance the service and attention to products that offered that customers can better understand the product in accordance with Islamic sharia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/1147/051700517 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 20 Jan 2017 14:26 |
Last Modified: | 20 Jan 2017 14:26 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118272 |
Actions (login required)
View Item |