Pengaruh Penerapan Otomasi Perpustakaan Terhadap Kualitas Layanan Dan Kinerja Di Perpustakaan Umum (Studi Pada Kantor Perpustakaan Dan Dokumentasi Pemerintah Kota Batu)

Prakoso, Gagas (2016) Pengaruh Penerapan Otomasi Perpustakaan Terhadap Kualitas Layanan Dan Kinerja Di Perpustakaan Umum (Studi Pada Kantor Perpustakaan Dan Dokumentasi Pemerintah Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan otomasi perpustakaan terhadap kualitas layanan dan kinerja pada Perpustakaan dan Dokumentasi Pemerintah Kota Batu. Latar belakang dari penelitian ini melihat bahwaperpustakaan yang merupakan instansi yang bergerak di bidang informasi sudah selayaknya memanfaatkan teknologi informasi karena perpustakaan dituntut untuk dapat selalu menyajikan informasi-informasi yang dibutuhkan pengguna perpustakaan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research atau penelitian penjelasan dengan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 orang responden yang merupakan pengunjung Perpustakaan Kearsipan dan DokumentasiPemerintah Kota Batu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan probability sampling dengan tekniksimple random sampling.Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yangsignifikan variabel Otomasi Perpustakaan (X) terhadap variabel Kualitas Layanan (Y) yang ditunjukkan nilai signifikansi 0,001 (< 0,005)dengan hasil pada Koefisien Determinasi (R2)sebesar 24,6%, terdapat pengaruh yang signifikan variabel Kualitas Layanan (Z)terhadap variabel Kinerja (Y)yang ditunjukkan nilaisignifikansi 0,000 (<0,005) dan hasil Koefisien Determinasi sebesar 51,9%, dan terdapat terdapat pengaruh yang signifikan variabel Otomasi Perpustakaan (X) terhadap variabel Kinerja (Y)yang ditunjukkan nilaisignifikansi 0,000 (<0,005).. Berdasarkan pengujian tersebutdapat diketahui bahwa variabel Kualitas Layanan (Z)memperkuatvariabel Otomasi Perpustakaan (X) sehingga keduanya mempengaruhi variabelendogenousKinerja (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1145/051700515
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 20 Jan 2017 15:00
Last Modified: 20 Jan 2017 15:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118270
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item