Analisis Pengendalian Manajemen Kredit Modal Kerja Guna Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi pada PD. BPR Bank Daerah Lamongan

FirdausPutriParlistya (2016) Analisis Pengendalian Manajemen Kredit Modal Kerja Guna Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi pada PD. BPR Bank Daerah Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PD. BPR. Bank Daerah Lamongan merupakan salah satu perusahaan daerah yang konsisten memberikan layanan perbankan dalam meningkatkan kesejahteraan dan menggerakkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Lamongan melalui jasanya, salah satunya adalah layanan kredit. Kredit modal kerja merupakan salah satu contoh kredit yang diberikan. Pemberian kredit modal kerja seringkali menghadapi risiko kredit bermasalah, untuk itu pengendalian manajemen kredit dalam pemberian kredit harus dilakukan untuk menjaga kredit yang diberikan tetap lancar dan produktif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah pengendalian manajemen kredit pada tahap permohonan kredit, analisis kredit, penarikan kredit dan monitoring serta perhitungan rasio kredit bermasalah pada PD. BPR. Bank Daerah Lamongan dengan menggunakan NPL (Non Performing Loan) selama 3 (tiga) periode, yaitu 31 Desember 2012 – 31 Desember 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian manajemen kredit yang dilaksanakan PD. BPR. Bank Daerah Lamongan telah cukup memadai. Hal itu dapat dilihat pada saat proses permohonan kredit, analisis kredit, pencairan kredit, dan monitoring dalam berbagai aspek seperti personel yang kompeten dan dapat dipercaya, prossedur otorisasi yang tepat, dokumen dan catatan yang memadai, serta kontrol fisik aktiva dan catatan. Dalam meminimalisir adanya kredit bermasalah, PD. BPR. Bank Daerah Lamongan sudah dapat dikatakan baik dan cukup teliti saat melakukan analisis kredit. Dari tahun ke tahun pihak bank sudah dapat menurunkan tingkat NPL yaitu tahun 2012 sebesar 11, 45%, tahun 2013 sebesar 9,01% dan tahun 2014 sebesar 4,59%. Namun masih terdapat kelemahan dalam manajemen kredit PD. BPR. Bank Daerah Lamongan yakni adanya bagian yang mengalami perangkapan kerja antara bagian analisa kredit dan petugas penilai jaminan, belum melaksanakan on the spot secara rutin kepada semua nasabah serta belum dilaksanakan adanya pemeriksaan mendadak (supriser auditor) pada setiap pekerjaan terhadap karyawan yang mengurusi kredit modal kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/114/05160163829
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Jun 2016 15:32
Last Modified: 27 Jun 2016 15:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118264
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item