Analisis Intensifikasi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro)

BurhanulmakinKhan, Rahman (2016) Analisis Intensifikasi Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian yang dilatar belakangi oleh target yang realisasinya tidak tercapai diawal tahun peralihan pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan dan perkotaan dari pajak pusat ke pajak daerah. Dimana salah satu cara yang dilakukan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro yaitu melakukan intensifikasi pemungutan pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan dan perkotaan. Dengan dilakukannya intensifikasi pemungutan pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan dan perkotaan, maka Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro mengharapkan penerimaan pajak tersebut dapat lebih optimal dan mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan intensifikasi pemungutan pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan dan perkotaan di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan menggunakan wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Fokus penelitian ini adalah pelaksanaan intensifikasi pemungutan pajak bumi dan bangunan sektor pedesaan dan perkotaan melalui (a) pengawasan lapangan, (b) peningkatan pengetahuan sumber daya manusia, dan (c) sosialisasi di Kabupaten Bojonegoro. Metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, pegawai Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro telah berupaya dalam mengoptimalkan penerimaan pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan dan perkotaan yaitu dengan menerapkan strategi meningkatkan sumber daya manusia yang ada di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro, kemudian meningkatkan pengawasan dilapangan dan kegiatan sosialisasi yang dilakukan di tiap kecamatan di wilayah Bojonegoro. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini secara umum pelaksanaan intensifikasi pemungutan pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan dan perkotaan telah dilaksanakan sesuai dengan teori-teori yang relevan dan cukup berhasil untuk menyadarkan wajib pajak akan kewajiban mendaftarkan diri sebagai wajib pajak. Salah satu faktor penghambat intensifikasi pemungutan pajak bumi dan bangunan sektor perdesaan dan perkotaan ialah rendahnya nilai jual objek pajak dan masih bergantung pada aparatur desa. Saran untuk Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bojonegoro penambahan penilai pajak, penambahan kegiatan sosialisasi, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan penambahan infrastruktur.

English Abstract

The study is motivated by the realization of the target is not reached at the beginning of the transition year property tax rural and urban sectors of central taxes to local taxes. Where one of the ways in which the Department of Revenue Bojonegoro is intensifying tax collection on land and building rural and urban sectors. With the intensification of tax collection on land and building rural and urban sectors, the Department of Revenue Bojonegoro expects tax revenue can be optimized and achieve the targets set earlier. The purpose of this study was to examine the implementation of tax collection intensification of land and building rural and urban sectors in the Department of Revenue Bojonegoro. This type of research is qualitative method with descriptive research, using interviews, and documentation as a means of data collection. The focus of this research is the intensification of the implementation of property tax collection rural and urban sectors through (a) the supervision of the field, (b) increasing knowledge of human resources, and (c) socialization in Bojonegoro. Methods of data analysis include data reduction, data presentation, and inference. Based on the results of the study, employees of the Department of Revenue Bojonegoro have sought in optimizing tax revenue land and building sectors in rural and urban areas by implementing strategies to increase human resources in the Department of Revenue Bojonegoro, further improve supervision in the field and dissemination activities carried out in every district in Bojonegoro. The conclusion of this research generally intensifying the implementation of property tax collection of rural and urban sectors has been implemented in accordance with the relevant theories and successful enough to awaken the taxpayer of the obligation to register as a taxpayer. One inhibiting factor intensifying tax collection on land and building rural and urban sectors is lower taxable value and depend on village officials. Suggestions to the Department of Revenue tax assessor Bojonegoro Extra, Extra socialization activities, improving the quality of human resources and infrastructure additions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1132/051700309
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 27 Jan 2017 09:28
Last Modified: 27 Jan 2017 09:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118256
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item