Putra, YongkiPerdana (2016) Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Ekspor (Studi Pada Bali Pasadena Rattan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Semakin berkembangnya pelaku bisnis furniture dan desain interior di era globalisasi dapat membuka persaingan bisnis yang kuat. Bali Pasadena Rattan telah memasuki pasar luar negeri yang memiliki kompetitor cukup banyak dalam penjualan produk yang serupa di negara tersebut, beberapa pangsa pasar ekspor telah dimasuki oleh Bali Pasadena Rattan adalah Eropa, Amerika Serikat, Australia, Asia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi bauran pemasaran yang diimplementasikan Bali Pasadena Rattan dalam meningkatkan volume ekspor serta mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat Bali Pasadena Rattan dalam meningkatkan volume ekspor. Penelitian ini berdasarkan tujuannya termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan diantaranya adalah data primer yang bersumber dari penelitian yang dilakukan peneliti terhadap strategi bauran pemasaran yang diimplementasikan Bali Pasadena Rattan dalam meningkatkan volume ekspor dan data sekunder yang bersumber dari dokumen, catatan, laporan serta arsip yang berhubungan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bali Pasadena Rattan mengimplementasikan strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan volume ekspor melalui; strategi produk yang diinovasi melalui permntaan buyers, strategi harga menyesuaikan biaya produksi dan harga pajak ke negara tujuan, strategi promosi yang dilakukan menerapkan metode mass selling dan direct marketing, dan strategi distribusi menggunakan jasa cargo dalam mengirim produk ke negara buyers. Faktor pendukung dalam meningkatkan volume ekspor meliputi; keunggulan produk dari bahan baku yang sulit ditemui di negara lain, harga yang sesuai dengan hasil produksi produk dan harga nilai pajak sehingga memungkinkan harga untuk bersaing di negara buyers, promosi melalui website yang dapat mempromosikan produk dengan efisien, lokasi Workshop yang dekat dengan Bali Pasadena Rattan dalam mendistribusikan hasil produksi dan bekerja sama dengan home industry dalam menghasilkan produk. Sedangkan faktor penghambat meliputi; kurangnya perusahaan dalam melakukan riset pasar dan peraturan suatu negara dalam penjualan produk, faktor pajak yang menyebabkan harga produk naik tidak menentu menyebabkan pemesanan buyers berkurang, minimnya perusahaan dalam mempromosikan produk, kurangnya perluasan proses produksi karna hanya memproduksi di daerah asal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu perlunya meningkatkan kinerja strategi perusahaan dari segi produk, harga, promosi, dan distribusi dan menerapkan viii alternatif strategi seperti memperluas pasar ekspor, melakukan kerjasama dengan usaha sejenis, dan melakukan riset pasar.
English Abstract
The growing furniture business actors and interior designers in current globalization era could initiate a strong business competition. Bali Pasadena Rattan has penetrated overseas market that had lots of competitor in selling similar products, some export segments which has been penetrated by Bali Pasadena Rattan are Europe, United States of America, Australia and Asia. This study carry the objective to discover and analyze the marketing mix strategy implemented by Bali Pasadena Rattan to improve its export volume and to discover and analyze supporting and resistance factors of Bali Pasadena Rattan in improving its export volume. Viewed from the objectives, this study was a descriptive study with qualitative approach. Type of data used for this study are primary data from study conducted by author toward marketing mix strategy implemented by Bali Pasadena Rattan to improve its export volume and secondary data from documentation, records, reports and archives related with the study focus. Data collection techniques were observation, interview, and documentation. Result of this study revealed that Bali Pasadena Rattan implemented marketing mix strategy to improve its export volume through its innovated product according to buyer demand, price strategy would adjusted production cost and tax price to its destination country, promotion strategy is implementing mass selling and direct marketing, and distribution strategy is using cargo service to deliver product to buyer’s country. Supporting factors in improving export volume would covers: product superiority due to its rare material in other country, appropriate price in line with product’s production cost and tax thus enabling it to compete in buyer’s country, promotion through website to efficiently promoting products, close proximity of workshop location with Bali Pasadena Rattan to distribute its production output and working together with home industry to create products. Impeding factors would covers: lack of market research by the company and lack to comprehend overseas countries’ regulation related with product selling, taxes which could escalate product price into indefinite range and thus decreasing buyer’s order, minimum effort in promoting its products, lack of production process expansion and only limited to produce in home region. Conclusion of this study suggested that it is necessary to improve strategy performance of the company particularly in products, price, promotion and distribution, and implementing strategy alternative such as expanding export market, initiate cooperation with similar venture, and conduct market research.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/1087/051613017 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 09 Jan 2017 08:25 |
Last Modified: | 09 Jan 2017 08:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118205 |
Actions (login required)
View Item |