Analisis Potensi, Dan Kontribusi Pajak Hotel Dan Pajak Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lombok Barat ( Studi Pada Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Lombok Ba

Zhafarani, SitiDinaesaHanum (2016) Analisis Potensi, Dan Kontribusi Pajak Hotel Dan Pajak Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lombok Barat ( Studi Pada Dinas Pendapatan Dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Lombok Ba. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap pemerintah daerah memiliki potensi dan sumber pendapatan yang berbeda untuk itu pemerintah daerah harus mampu mengelola dan memiliki strategi untuk meningkatkan pendapatan daerah. Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan penerimaan yang diterima oleh pemerintah daerah atas segala potensi daerah dan menjadi indikator derajat kemandirian keuangan suatu pemerintah daerah, salah satunya bersumber dari pajak hotel dan pajak restoran. Kabupaten Lombok Barat memiliki potensi yang besar mengingat banyaknya hotel dan restoran yang berpotensi besar untuk meningkatkan Pendapatan Daerah. Keberadaan pajak hotel dan pajak restoran di harapkan menjadi sumber penerimaan yang utama mengingat kondisi dan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Lombok Barat. Pajak hotel dan pajak restoran merupakan salah satu dari sekian banyak pajak yang ada di Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi dan kontribusi pajak hotel dan pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Lombok Barat dan mengetahui upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Lombok Barat untuk meningkatkan potensi pajak hotel dan pajak restoran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka yang dilaksanakan di Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Lombok Barat. Peneltian dilakukan dengan menganalisis potensi dan kontribusi berdasarkan dasar pengenaan, tarif, dan tata cara perhitungan pajak hotel dan restoran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi penerimaan pajak hotel dan pajak restoran di Kabupaten Lombok Barat masih rendah dan tingkat kontribusi pajak hotel dan pajak restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Lombok Barat adalah sebesar 24.08% yang menunjukkan bahwa tingkat kontribusi berada pada kategori sedang. Namun upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan penerimaan pajak hotel dan pajak restoran tersebut belum maksimal sehingga perlu dilakukan intensifikasi dan ekstensifikasi untuk meningkatkan jumlah penerimaan potensi dan kontribusi pajak.

English Abstract

Each local government has the potential and different sources of revenue for the local governments should be able to manage and have a strategy to increase local revenue. Local Revenue (PAD) is a reception received by the local government for any potential and become an indicator of a degree of financial independence of local governments, one of which is sourced from the hotel tax and restaurant tax. West Lombok district has great potential considering the number of hotel and restaurant that has great potential to increase regional revenue. The existence of hotel tax and restaurant tax expected to be a major source of revenue that given the circumstances and the potential of the West Lombok regency. Hotel tax and restaurant tax is one of the many taxes that exist in West Lombok regency. This study aims to find out the potential and contribution revenue of hotel and restaurant taxes against West Lombok District and the governments efforts to improve that potential of hotel and restaurant taxes.This research was conducted by qualitatif method through interview, observation, documentation and study literature that held in Kantor Dinas Pendapatan Daerah, West Lombok District. Research was executed by analyze the taxes potential and contribution based on imposition base, fare and calculation procedure of hotel and restaurant taxes. The results showed that the potential revenue of hotel and restaurant taxes in West Lombok District is still low and the contribution rate of hotel and restaurant taxes to the regional revenue in West Lombok district is 24.08%, which stated that the contribution rate belong in middle category. While the government’s efforts to improved the revenue of hotel and restaurant taxes are not maximal so its need more intensification and extension efforts to increase that tax revenue and contribution.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1084/051612976
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Dec 2016 09:12
Last Modified: 29 Dec 2016 09:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118202
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item