Upaya Badan Pusat Statistik Kabupaten Probolinggo dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi Statistik (Studi Pelaksanaan Pelayanan Informasi Statistik di BPS Kabupaten Probolinggo)

Hasyim, ManggalaIbnuWachid (2016) Upaya Badan Pusat Statistik Kabupaten Probolinggo dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi Statistik (Studi Pelaksanaan Pelayanan Informasi Statistik di BPS Kabupaten Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik yang dilakukan oleh Badan pusat Statistik Kabupaten Probolinggo meliputi ketepatan waktu pelayanan, ketersediaan data dan keakuratan data. Data yang akurat, ketersediaan data, serta penyedia data tepat waktu menjadi hal penting untuk lembaga pemerintah non-departemen ini. Data yang tidak akurat berakibat cukup fatal karena beberapa kebijakan pemerintah berkaitan dengan kelangsungan hidup masyarakat Indonesia. Keakuratan data juga sesuai dengan kaidah good governance, pembuatan kebijakan harus berdasarkan pada data yang menggambarkan kondisi yang nyata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dari pelayanan publik Badan Pusat Statistik Kabupaten Probolinggo menunjukan melalui Pelayanan Statistik Terpadu (PST), Badan Pusat Statistik mendapatkan reward dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) sebagai TOP 35 inovasi pelayanan publik terbaik. Badan Pusat Statistik Kabupaten Probolinggo mempunyai Standart Operational Procedure (SOP) dalam melakukan pelayanan publik. Pada pasal 1 dalam Peraturan Kepala Badan Pusat Statistik Nomor 21 Tahun 2011 tercantum Pelayanan Statistik Terpadu pada Badan Pusat Statistik, adalah pelayanan beberapa jenis layanan yang dilakukan secara terpadu melalui satu pintu dan pengelolaan koleksi pustaka yang didukung pemanfaatan teknologi informasi, yang berada pada satu unit kerja sebagai penanggung jawab. Dasar hukum inilah yang dipakai Badan Pusat Statistik Kabupaten Probolinggo sebagai pedoman dalam melakukan pelayanan publik. Pedoman ini dipakai untuk meminimalisir kesalahan pada proses pelaksanaan pelayanan publik yang dilakukan Badan Pusat Statistik. Kesimpulan dari pelayanan publik di Badan Pusat Statistik Kabupaten Probolinggo adalah dengan adanya Standart Operational Procedur (SOP) dari Badan Pusat Statistik diharapkan maksimal dalam memberikan pelayanan pada pengunjung / peminta data. Evaluasi di tingkat nasional juga diharapkan mampu memperbaiki hubungan lintas sektor pada proses pelaksanaan survei.

English Abstract

Public service which had been done by Central Bureau Statistic at Probolinggo District covered punctual service time, data availability, and data accuracy. The accuracy and the availability of the data, also providing the data punctually became an important matter to this non-department government agency. Inaccurate data could cause enough harm because there were government policies related to life sustainability of Indonesian people. Data accuracy was also suitable with good governance principle and the policy maker should make a policy based on the data that depicted the real situation. This research used descriptive research with qualitative approach. Research methods used were interview, observation, and documentation. The result of the research from public service in Central Bureau Statistic at Probolinggo District illustrated that through Integrated Statistical Service (Pelayanan Statistik Terpadu/PST), Central Bureau Statistic got reward from Ministry for Apparatus Reforms as the TOP 35 of the best innovation on public service. Central Bureau Statistic at Probolinggo District had Standard Operational Procedure (SOP) in doing public service. At verse 1 in Central Bureau Statistic Regulation Number 21 Year 2011 mentioned that Integrated Statistical Service in Central Bureau Statistic is a service that have assorted types which is done in an integrated way through a single way and managing library collection that is supported by information technology, which is responsible in existed one work unit. This basic law was applied by Central Bureau Statistic at Probolinggo District as guidance to conduct public service. This guidance was used to minimize mistake in the process of doing public service by Central Bureau Statistic at Probolinggo District. In conclusion, the SOP from public service in Central Bureau Statistic at Probolinggo District is expected to give maximum service to the people. Evaluation in national level is also expected fixing the relation among sectors in conducting the survey.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1078/051612970
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Dec 2016 14:41
Last Modified: 29 Dec 2016 14:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118195
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item