Tindakan Preventif Terhadap Kerusakan Bahan Pustaka Pada Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang (Studi Pada Kantor Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang)

WahyuRozanti, Dwi (2016) Tindakan Preventif Terhadap Kerusakan Bahan Pustaka Pada Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang (Studi Pada Kantor Perpustakaan Umum Dan Arsip Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya bahan pustaka yang mengalami kerusakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan preventif terhadap kerusakan bahan pustaka tercetak pada Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat tindakan preventif (pencegahan) kerusakan bahan pustaka tercetak pada Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Kajian teori dalam penelitian ini yaitu konsep Perpustakaan meliputi: pengertian, fungsi dan jenis. Perpustakaan Umum meliputi: definisi, tugas, dan fungsi. Pemeliharaan Bahan Pustaka meliputi: pengertian, fungsi, dan jenis. Tindakan Preventif meliputi: pengertian, tujuan, dan upaya pencegahan/ tindakan preventif. Kerusakan meliputi: pengertian, jenis, dan faktor penyebab. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun fokus penelitian ini mengacu pada tindakan preventif yang diterapkan di Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang serta faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan tindakan preventif dilakukan oleh Seksie Layanan dan Informasi dan Seksie Akuisisi, Deposit dan Pengolahan. Tindakan preventif yang diterapkan meliputi perawatan dari segi fisik bahan pustaka, perawatan koleksi (isi dari keseluruhan koleksi), dan perawatan dari segi teknologi dan media. Faktor penghambat dalam pelaksanaan tindakan preventif pada Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang adalah sumber daya lingkungan, sumber daya manusia, dan sumber daya dana. Sedangkan faktor pendukungnya antara lain sumber daya lingkungan, sumber daya manusia, dan sumber daya dana.

English Abstract

This research was conducted on the basis of the number of library materials were damaged. This study aims to determine preventive measures against damage library materials printed in the Public Library and Regional Archives Malang and to determine the factors supporting and preventive actions (preventive) damage library materials printed on Public Library and Regional Archives Malang. The study of theory in this study is the concept of the Library include: definition, function and type. Public Library include: definitions, tasks, and functions. Maintenance of Library Materials include: definition, functions, and types. Preventive actions include: definition, objectives, and prevention/ preventive action. Damage includes: definition, types, and causal factors. This study uses qualitative research with descriptive approach. The focus of this study refers to the preventive measures implemented in the Public Library and Regional Archives Malang and factors inhibiting and support in its implementation. The results showed that the application of preventive measures carried out by Seksie Services and Information and Seksie acquisition, Deposits and Processing. Preventive measures were implemented covering the treatment of the physical aspect of library materials, collections maintenance (contents of the entire collection), and treatment in terms of technology and media. Inhibiting factor in the implementation of preventive measures at the Public Library and Regional Archives Malang is environmental resources, human resources, and financial resources. While supporting factors, among others, environmental resources, human resources, and financial resources.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1076/051612913
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 17 Jan 2017 11:40
Last Modified: 17 Jan 2017 11:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118193
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item