Maghfiroh, As`alul (2016) Pengaruh Citra Merek terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Mahasiswa pada Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkata. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Citra merek bisa mempengaruhi minat beli dan keputusan pembelian konsumen secara berkesinambungan. Semakin baik citra merek suatu produk, maka semakin tinggi pula minat beli konsumen untuk melakukan keputusan pembelian, bahkan konsumen menjadi semakin loyal pada produk tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh secara parsial baik langsung maupun tidak langsung dari variabel citra merek yang terdiri dari citra perusahaan, citra konsumen dan citra produk terhadap minat beli dan keputusan pembelian. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi administrasi bisnis fakultas ilmu administrasi universitas brawijaya malang tahun angkatan 2013/2014 pembeli Indosat Ooredoo, dengan jumlah sampel sebanyak 112 orang responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa program studi administrasi bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang membeli kartu Indosat Ooredoo, dengan responden sebanyak 112 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung variabel Citra Perusahaan (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel minat beli (Z), dengan pengaruh sebesar 0.240, karena nilai sig. t < 0,05 maka secara parsial variabel Citra Perusahaan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Z). Variabel Citra Konsumen (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel minat beli (Z), dengan pengaruh sebesar 0.199, karena nilai sig. t < 0,05 maka secara parsial variabel Citra Konsumen (X2) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Z). Variabel Citra Produk (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel minat beli (Z), dengan pengaruh sebesar 0.418, karena nilai sig. t < 0,05 maka secara parsial variabel Citra Produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli (Z). Variabel Citra Perusahaan (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y), dengan pengaruh sebesar 0.329, karena nilai sig. t < 0,05 maka secara parsial variabel Citra Perusahaan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Citra Konsumen (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y), dengan pengaruh sebesar 0.177, karena nilai sig. t < 0,05 maka secara parsial variabel Citra Konsumen (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Citra Produk (X3) mempunyai pengaruh signifikan terhadap 0,05 maka secara parsial variabel Citra Produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).
English Abstract
The purpose of this study was to describe the effect of partially either directly or indirectly from the brand image variable that consists of the corporate image, image and product image to consumers buying interest and purchase decisions. The study population is a student of business administration faculty of the university administration malang year 2013/2014 buyer Indosat Ooredoo force, with a total sample of 112 respondents. This type of research is explanatory research (explanatory research). Data collection method used is to spread out questionnaires to students of business administration Faculty of Administrative Science unfortunates who bought cards Ooredoo Indosat, with respondents as many as 112 people. The sampling technique used in this study is Accidental Sampling. The results of this study indicate that direct variable Corporate Image (X1) has a significant influence on the buying interest variable (Z), with the effect as 0240, because sig. t <0.05 then the partial variable Corporate Image (X1) significantly affects Interests Buy (Z). Consumers image variable (X2) has a significant influence on the buying interest variable (Z), with the effect as 0199, because sig. t <0.05, in partial image of Consumers (X2) significantly influence Interests Buy (Z). Variable Product Image (X3) has a significant influence on the buying interest variable (Z), with the effect as 0418, because sig. t <0.05 then the partial variable Imagery Products (X3) significantly affects Interests Buy (Z). Variable Company Image (X1) significantly influence the purchase decision variable (Y), with the effect as 0329, because sig. t <0.05 then the partial variable Corporate Image (X1) significantly influence the purchase decision (Y). Consumers image variable (X2) has a significant influence on the purchase decision variable (Y), with the effect as 0177, because sig. t <0.05, in partial image of Consumers (X2) significantly influence the purchase decision (Y). Variable Product Image (X3) has a significant influence on the purchase decision variable (Y), with the effect as 0193, because sig. t <0.05 then the partial variable Imagery Products (X3) significantly influence the purchase decision (Y).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/1051/051612634 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 12 Jan 2017 11:46 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 11:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118177 |
Actions (login required)
View Item |