Analisis Penerapan Sistem Keamanan Fisik Pada Data Center Untuk Melindungi Data Organisasi (Studi Kasus Pada Unit Penerimaan Mahasiswa Baru Dan Sistem Informasi (Pmbsi) Ikip Pgri Madiun)

Priatmoko, DigkyBima (2016) Analisis Penerapan Sistem Keamanan Fisik Pada Data Center Untuk Melindungi Data Organisasi (Studi Kasus Pada Unit Penerimaan Mahasiswa Baru Dan Sistem Informasi (Pmbsi) Ikip Pgri Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan penerapan sistem keamanan fisik pada data center yang berada pada IKIP PGRI Madiun. Keamanan fisik merupakan aspek yang terlihat tidak dapat diukur dengan besaran uang (intangible), namun sebenarnya kerugian yang ditimbulkan dari sistem keamanan yang lemah dapat dihitung dalam besaran uang. Manajemen dapat menghitung besarnya kerugian yang ditimbulkan, contohnya kerugian saat kehilangan data dapat direpesentasikan dari jumlah biaya yang dibutuhkan untuk recovery data yang hilang tersebut. Dalam suatu penelitian terdapat beberapa jenis penelitian, salah satunya yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PMBSI IKIP PGRI Madiun. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem keamanan fisik pada Data Center PMBSI IKIP PGRI Madiun mengalami perkembangan yang cukup baik dibandingkan sebelum dibentuk unit PMBSI. Hal tersebut dapat diketahui dalam observasi penelitian ini yang hasilnya data center PMBSI IKIP PGRI Madiun mengalami peningkatan kinerja dibuktikan dengan meningkatnya kualitas layanan dibandingkan sebelum dibentuk unit PMBSI. Namun untuk memenuhi standar Sistem Keamanan Fisik yang baik, data center milik PMBSI IKIP PGRI Madiun masih sangat kurang, masih banyak kelemahan yang memungkinkan terjadinya ancaman fisik pada data center seperti kunci pintu yang masih konvensional, kurangnya CCTV, tidak adanya sensor asap, kurangnya alat pemadam kebakaran dan tidak adanya pasokan listrik alternatif. Kondisi tersebut memungkinkan terjadi ancaman fisik sehingga perlu dilakukan perbaikan. Hal lain yang harus dilakukan adalah perlunya dilakukan pelatihan tentang Sistem Keamanan Fisik pada pegawai agar terjadinya kesadaran untuk menjaga keamanan fisik sebuah data center.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1039/051612561
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 09 Dec 2016 10:07
Last Modified: 09 Dec 2016 10:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118163
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item