AngkaSari, Wulan (2016) Analisis Sistem Dan Prosedur Pemberian Kredit Kepemilikan Rumah (Kpr) Btn Bersubsidi Dalam Usaha Mendukung Pengendalian Manajemen Kredit (Studi Pada Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cab. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Lembaga keuangan yaitu Bank saat ini mengalami perkembangan yang pesat diatas persaingan yang sangat kompetitif, banyak bank yang beroperasi di Indonesia mengingat besarnya potensi pasar kredit yang ada di negara ini. Salah satu kredit yang diminati saat ini adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kredit pemilikan rumah memberikan kemudahan bagi masayarakat yang ingin memiliki rumah secara mudah. Seiring dengan perkembanganya KPR memiliki banyak jenis untuk memfasilitasi masyarakatnya salah satunya KPR Bersubsidi. KPR yang disubsidi oleh pemerintah yang ditujukan kepada Masyarakat Menengah Kebawah (MBK), Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), dan Pegawai/Karyawan yang belum memiliki rumah agar bisa memilki tempat tinggal yang layak. Dalam pemberian kredit dibutuhkan sistem dan prosedur yang dapat digunakan untuk menjalankan proses kredit serta didukung dengan pengendalian manajemen kredit sehinga dapat mengurangi kredit bermasalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan sistem dan prosedur pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN Bersubsidi pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kediri serta untuk mengetahui sistem dan prosedur yang efektif bagi pemberian Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN bersubsidi dalam Usaha Mendukung Pengendalian Manjemen Kredit pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kulitatif deskriptif, penelitan ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari hasil wawancara dengan pihak yang terkait, kemudian menganalisis dan mendeskripsikan hasil yang sudah diperoleh untuk menarik kesimpulan secara umum mengenai permasalahan yang terjadi. Hasil penelitian menyatakan bahwa PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kediri dalam menjalankan sistem dan prosedur pemberian KPR BTN Bersubsidi cukup baik dalam usaha mendukung pengendalian manajemen kredit. Namun didalam prosedur yang dijalankan masih terdapat prosedur yang belum dijalankan sesuai dengan teori yaitu prosedur wawancara tahap 2 (dua), selain itu masih tedapat kelemahan dalam manajmen kredit yaitu terkait dengan kelengkapan dokumen untuk proses pemberian kredit pada saat wawancara kredit dan pada saat pencairan dana. Pada saat permohonan kredit masih terdapat perangkapan tugas oleh Loan Service (LS), dan juga belum adanya pemeriksaan mendadak yang dilakukan oleh pihak interen Bank. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka yang dapat disarankan untuk PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kantor Cabang Kediri yaitu dengan melaksanakan prosedur yang sesuai dengan teori yaitu prosedur wawancara tahap 2 (dua), melengkapi dokumen yang belum terdapat pada pelaksanaan pemberian kredit, kemudian juga menambah petugas yang bertugas pada saat permohonan kredit agar kinerja lebih maksimal, kemudian pada penilain kredit dilakukan juga oleh Apraissal Company, dan melaksanakan pemeriksaan mendadak seara rutin 1 (satu) tahun sekali.
English Abstract
Financial institutions the banks now has rapid expanasion on competition that is highly competitive, many banks operating in Indonesia considering the big potential credit market in this country. One preferred by credit currently is credit dmesne home (mortagage loan), demense house credit provide facilities for communities who want to own a house easly. Along with her an update motagage loan having many kinds to facilate its community on of them is subsidized mortagage loan. Mortagage loan subsidized by the goverment addressed to middle to low class people (MBK), low income citzens (MBR), and employees/employess who do not have to have a shatter decent , in credit provisions needed sysetem dan procedures that can be used to run the process of credit an supported by management also control credit can reduce loan defaults. The purpose of the research is to understand the implementatior of the system and procedure credit provision demesne home (mortagage loan) BTN subsidized on PT. State Savings Bank (Persero) Tbk. Branch Offices Kediri and to know the system and an effective procedure for granting credit demesne home (mortagage loan) BTN subsidized business support in control credit manajemen on PT. State Savings Bank (Persero) Tbk. Branch Offices Kediri. The kind of reseaarch used in this research is research kulaitatif descriptive, penelitian this was done in collect from interviews the results of interviews with the related, then to analyse and described the results of the recevied to draw conclusion in general about the problems that occurs. The results of the study said that PT. State Savings Bank (Persero) Tbk. Branch Offices Kediri in operating system and the procedure of the provision of mortagage loan BTN subsidized would be good enough business management supoort control credit. But in procedure run there are still procedure who have not run according to the teory that is procedure interview stage 2 (two), in addition there are still weaknesses in the managemnt of credit that is associated with documents for the credit process in the interview crdit and on when funds. At the time the Loan Service (LS) and also the absence of spot chekcs by the bank’s internal. Based on research that has been done, so that can be suggested to PT. State Savings Bank (Persero) Tbk. Branch offices Kediri is to carry out the procedure phase 2 (two), the complete documents have not been found in the implementation of the provions of credit, and also adds to the officer on duty at the time of the loan application so that perfomance is maximized, then the assessment of credit do also by appraisal company, and carry out regular spot checks of 1 (one) year.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/1030/051612511 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 08:44 |
Last Modified: | 07 Dec 2016 08:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118155 |
Actions (login required)
View Item |