Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pbb-P2 Di Kota Malang (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)

Bong, Anatoly (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Melakukan Pembayaran Pbb-P2 Di Kota Malang (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian tentang Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Melakukan Pembayaran PBB Perkotaan Kota Malang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi wajib pajak menjadi patuh dan melakukan pembayaran pajak. Faktor-faktor yang akan diteliti adalah kualitas pelayanan yang diberikan dispenda, tingkat pengetahuan dan kesadaran wajib pajak, penerapan insentif, sanksi, dan tarif, dan pengawasan Dispenda Kota Malang Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang diberikan oleh Dispenda Kota Malang, tingkat pengetahuan dan kesadaran wajib pajak yang termasuk di dalamnya program kerja Dispenda untuk meningkatkan tingkat pengetahuan dan kesadaran wajib pajak, penerapan insentif, sanksi, dan tarif, dan pengawasan Dispenda Kota Malang. Tehnik pengumpulan data adalah wawancara dan observasi. Lokasi penelitian adalah Kantor Pelayanan PBB Perkotaan Kota Malang. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak masih belum memuaskan, akan tetapi target penerimaan setiap tahunnya tercapai. Target penerimaan ini yang dijadikan sebagai indikator sebagai pengukur kepatuhan wajib pajak yang tinggi. Target penerimaan setiap tahunnya seharusnya bisa lebih tinggi dari yang ditetapkan dari sebelumya dikarenakan faktor-faktor dari kepatuhan wajib pajak belum berjalan dengan maksimal. Apabila faktor-faktor dari kepatuhan wajib pajak sudah mendukung, maka berapapun target yang ditetapkan akan tercapai.

English Abstract

Research on Analysis Factors Affecting Compliance Taxpayer in Make Payments Land and Building Tax Malang City aims to know kind of factors affect taxpayer to be compliance and pay the tax. Factors will be research are quality service, level of knowledge and awareness of taxpayer, application of incentive, sanction, and tariff, and control of local revenue office Malang City In this research, researcher use descriptive research and qualitative methods. Focus of this research are quality service, level of knowledge and awareness taxpayer and include on the research is work program from local revenue office to increase level of knowledge and awareness taxpayer, application of incentive, sanction, and tariff, and control of local revenue office Malang City. Methods from this reaserch with interview and observation. Location of this research is local revenue office Malang City Conclusion of this research is factors affect compliance taxpayer not satisfactory, but the target of revenue every year reached. This target as indicator to measure high level compliance taxpayer. The target of revenue should be more higher from estabilished because factors from compliance still not satisfactory. If this factors have been support, then no matter how target estabilished will be reach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1027/051612486
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 06 Dec 2016 11:35
Last Modified: 06 Dec 2016 11:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118151
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item