Daya Saing Komoditas Lada Indonesia di Pasar Internasional (studi tentang ekspor lada Indonesia tahun 2010-2014).

Kurnianto, DiniTri (2016) Daya Saing Komoditas Lada Indonesia di Pasar Internasional (studi tentang ekspor lada Indonesia tahun 2010-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya saing lada Indonesia di pasar internasional. Penilitian daya saing lada, diukur dari segi keunggulan kompetitif dan komparatif. Jenis lada yang diteliti adalah Lada Hitam dan Lada Putih. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Fokus penelitian pada daya saing ekspor. Data yang digunakan diperoleh dari situs International Trade Center. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis berlian porter, analisis Revealed Comparative Advantage (RCA), dan analisis Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) dengan menggunakan MS Excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komoditi lada Indonesia belum memiliki keunggulan Kompetitif yang bisa dimaksimalkan dalam perdagangan lada internsional. Hal ini dapat dibuktikan dengan sumberdaya lada Indonesia yang melimpah baik Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia sangat menunjang tapi dari Sumber Daya Teknologi dan Informasi serta Modal dan Infrasutruktur sangat masih kurang. Komoditi lada Indonesia masih mempunyai kelemahan dari sisi industri terkait dan pendukung seperti belum adanya industri penangkar benih/bibit dan belum majunya industri olahan lada. Dalam persaingan dan struktur, terjadi persaingan yang ketat antara eksportir dan importir lada untuk memenuhi permintaan lada yang semakin meningkat. Strategi yang dikembangkan adalah diversifikasi produk lada. Kondisi eksternal komoditas lada yang memiliki keunggulan kompetitif antara lain peranan pemerintah yang telah mengeluarkan kebijakan mengenai penyediaan input faktor produksi, pemasaran dan perdagangan lada, dan standar mutu lada. Untuk kesempatan, Indonesia sudah memiliki brand yang sudah dikenal di dunia yaitu Lampung Black Pepper dan Muntok White Pepper, peningkatan harga lada dunia serta meningkatnya konsumsi lada dunia. Komoditi Lada Indonesia mempunyai Keunggulan Komparatif. Dari hasil penelitian menggunakan RCA dan ISP, Indonesia memiliki keunggulan komparatif. Hal ini bisa dilihat dengan nilai RCA Indonesia pada tahun 2014 sebesar 7,91 dan Vietnam sebesar 33,90. Dengan rata-rata RCA Indonesia dalam periode 2010-2014 adalah 15,87 Indonesia mempunyai keunggulan komparatif tapi daya saing Indonesia masih jauh dari Vietnam yang mempunyai rata-rata RCA sebesar 55,94. Dilihat dari nilai ISP pada tahun 2014 adalah sebesar 0,72. Masih terpaut jauh dengan Brazil sebesar 0,99.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1022/051612401
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2016 11:19
Last Modified: 30 Nov 2016 11:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118146
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item