Pengaruh Surat Teguran dan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan (Studi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara Periode 2010-2014).

Wibowo, IGedeBagus (2016) Pengaruh Surat Teguran dan Surat Paksa Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan (Studi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara Periode 2010-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh simultan dan parsial antara Surat Teguran (X1) dan Surat Paksa (X2) terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan (Y) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian penjelasan (explanatory research) dan metode yang dipakai yaitu metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah penerbitan Surat Teguran dan Surat Paksa Serta jumlah penerimaan Pajak Penghasilan Pasal 25 di KPP Pratama Malang Utara dengan menggunakan data runtutan waktu (time series), jumlah sampel sebanyak 56 buah sampel yang ditentukan dengan metode sampling jenuh. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan program SPSS v 16 for Windows. Hasil pengujian hipotesis untuk uji F diperoleh nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara variabel Surat Teguran (X1) dan Surat Paksa (X2) terhadap variabel penerimaan Pajak Penghasilan (Y). Hasil pengujian hipotesis untuk uji t variabel Surat Teguran (X1) diperoleh nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Surat Teguran (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel penerimaan Pajak Penghasilan (Y). Dan variabel Surat Paksa (X2) diperoleh nilai sig. lebih kecil dari 0,05 (0,002<0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Surat Paksa (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel penerimaan Pajak Penghasilan (Y). Nilai R Square sebesar 0,574 atau 57,4%, hal tersebut menunjukkan bahwa kontribusi variabel Surat Teguran (X1) dan Surat Paksa (X2) terhadap penerimaan Pajak Penghasilan (Y) hanya sebesar 57,4%, dan sebesar 42,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dua variabel bebas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, variabel Surat Teguran dan Surat Paksa berpengaruh secara langsung terhadap penerimaan Pajak Penghasilan. Disarankan untuk penelitian selanjutnya agar menambah variabel lainnya diluar variabel dalam penelitian ini dan mengambil sampel di KPP yang berbeda atau wilayah yang berbeda, dan bagi kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara diharapkan agar menghasilkan strategi-strategi baru yang lebih baik lagi berkaitan dengan pelaksanaan penagihan pajak, sehingga mampu mengoptimalkan penerimaan pajak yang lebih efektif untuk tahun mendatang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1018/051612397
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2016 10:52
Last Modified: 30 Nov 2016 10:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118141
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item