Pendekatan Kepemimpinan Transformasional dalam Upaya Mewujudkan Good Corporate Governance (Studi pada PT. PLN (Persero) Rayon Ngagel),

Putra, RidhoAsarday (2016) Pendekatan Kepemimpinan Transformasional dalam Upaya Mewujudkan Good Corporate Governance (Studi pada PT. PLN (Persero) Rayon Ngagel),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor penentu arah dan tujuan perusahaan. Pemimpin harus memiliki kemampuan untuk memberikan pengaruh yang konstruktif pada orang lain. Dalam hal ini pemimpin mempengaruhi bawahannya untuk melaksanakan suatu usaha yang kooperatif dalam rangka mencapai cita-cita perusahaan yang telah ditetapkan untuk meningkatkan daya saing. Good Corporate Governance (GCG) merupakan salah satu kunci sukses perusahaan untuk tumbuh dan menguntungkan dalam jangka panjang, sekaligus memenangkan persaingan bisnis global. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional dalam Menggerakkan para Bawahan untuk Mewujudkan Good Corporate Governance.; (2) Kendala dalam Penerapan Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Perwujudan Good Corporate Governance. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Milles dan Huberman dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, gaya kepemimpinan pemimpin di PT. PLN Ngagel tidak semua menggambarkan kepemimpinan transformasional dalam mewujudkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance. Oleh karena itu, karakteristik kepemimpinan transformasional tidak semua diterapkan oleh pemimpin. Khususnya memberikan stimulasi intelektual. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap supervisor yang kerap kurang menyadari tanggungjawab sebenarnya terhadap bawahannya. sedangkan aspek kepemimpinan transformasional lainnya telah berkontribusi mewujudkan CGC, sehingga tidak semua prinsip GCG dapat terlaksana secara optimal. Karena terdapat beberapa kendala seperti, belum pahamnya pegawai terhadap konsep GCG dan masih rendahnya pemahaman masyarakat. Saran yang dapat peneliti berikan terakait perwujudan GCG melalui metode gaya kepemimpinan transformasional antara lain, tetap konsisten untuk menerapkan fungsi-fungsi seorang pemimpin, mengembangkan potensi setiap individu melalui pendekatan informal, menggunakan fungsi pemimpin yakni fungsi delegasi, dan memberikan pemahaman kepada masyarakat secara luas dengan sosialisasi tentang mekanisme pelayanan PT. PLN Ngagel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1017/051612396
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2016 10:46
Last Modified: 30 Nov 2016 10:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118140
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item