Whendy, RyanNanda (2016) Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Minat Sewa dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Sewa Lapangan Futsal (Survei pada Konsumen Arena Futsal Tidar Malang, Jawa Timur),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan Faktor-Faktor pembentuk Minat Sewa dan pengaruh secara Bersama - sama dan parsial antara Faktor-Faktor yang terbentuk tersebut terhadap Keputusan Sewa Lapangan Futsal. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui Faktor paling dominan yang berpengaruh terhadap Keputusan Sewa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Fasilitas (X1), Harga (X2), Lokasi (X3), dan Promosi (X4). Variabel dependen atau variabel terikat dalam penelitian ini adalah Keputusan Sewa (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk mendapatkan data primer. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian penjelasan atau (explanatory research). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar ke 108 orang responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor, analisis regresi linear berganda dan analisis regresi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima faktor pembentuk minat sewa, yaitu Faktor Harga di mana kontribusi varian sebesar 30,996 dengan eigen value sebesar 5,269, Faktor Promosi di mana kontribusi varian sebesar 9,723 dengan eigen value sebesar 1,653, Faktor Fasilitas di mana kontribusi varian sebesar 7,710 dengan eigen value sebesar 1,311, Faktor Tersedianya Kontak Person di mana kontribusi varian sebesar 7,380 dengan eigen value sebesar 1,255, dan Faktor Lokasi di mana kontribusi varian sebesar 5,946 dengan eigen value sebesar 1,011. Faktor Harga, Faktor Promosi, Faktor Fasilitas, Faktor Tersedianya Kontak Person, dan Faktor Lokasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Sewa lapangan futsal. Ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi yang disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,491 atau 49,1% dengan tingkat signifikansi 0.000 (p < 0,05). Faktor Harga, Faktor Promosi, Faktor Fasilitas, Faktor Tersedianya Kontak Person, dan Faktor Lokasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Sewa lapangan futsal. Faktor Harga memiliki nilai koefisien regresi (B) sebesar 0,454, Faktor Promosi sebesar 0,296, Faktor Fasilitas sebesar 0,163, Faktor Tersedianya Kontak Person sebesar 0,342, dan Faktor Lokasi sebesar 0,232 dengan tingkat signifikansi 0.000 (p < 0,05). Faktor Harga merupakan faktor dominan yang mempengaruhi Keputusan Sewa lapangan futsal Arena Futsal Tidar, Malang Jawa Timur yang ditunjukkan dengan nilai Beta tertinggi yaitu sebesar 0.454. Berdasarkan Hasil penelitian, diharapkan pihak Arena Futsal Tidar mempertahankan harga yang telah ditetapkan dan memberikan inovasi pada jenis lapangan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/1015/051612363 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 10:37 |
Last Modified: | 30 Nov 2016 10:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118138 |
Actions (login required)
View Item |