Implementasi Kebijakan Pembangunan Kawasan Perkotaan dalam Perspektif Public Private Partnership (Studi Pada Pembangunan Stadion Gajayana Kota Malang).

Andriani, YessaPutri (2016) Implementasi Kebijakan Pembangunan Kawasan Perkotaan dalam Perspektif Public Private Partnership (Studi Pada Pembangunan Stadion Gajayana Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha-usaha pembangunan yang sedang giat dilaksanakan oleh negara-negara yang sedang berkembang, pada umumnya berorientasi pada cara memperbaiki serta mengangkat tingkat hidup masyarakat menjadi lebih sejahtera. Kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dalam menunjang pembangunan ekonomi sangat banyak, salah satunya dengan membangun kawasan perkotaan yang menjadi pusat perekonomian. Salah satu upaya dalam pembangunan kawasan perkotaan yaitu dengan adanya Kerjasama Pemerintah-Swasta (KPS). Adapun Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS)/ Public Private Partnership (PPP) saat ini menampilkan informasi yang mendalam mengenai proyek-proyek KPS serta peluang untuk turut berpatisipasi dalam proyek tersebut. Pemerintah Kota Malang sendiri mengunakan Kerjasama Pemerintah-Swasta karena melihat adanya prinsip dari Public Private Partnership (PPP) di dalam pembangunan Stadion Gajayana Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi, bentuk, proses, dan peran stakeholders, serta faktor pendukung dan penghambat dari implementasi kebijakan pembangunan kawasan perkotaan dalam perspektif Public Private Partnership. Penelitian ini menggunakan jenis penelitaan studi pada pembangunan Stadion Gajayana Kota Malang. Penelitian ini menggunakan analisis data yaitu bekerja dengan data, organisasi, analisis dan penarikan kesimpulan. Adapun implementasi dari kebijakan pembangunan kawasan perkotaan dalam Stadion Gajayana kota Malang dengan menggunakan perspektif Public Private Partnership/Kemitraan Pemerintah Swasta (KPS) dilihat dari implementasinya sudah berjalan dengan baik dengan kata lain berjalan dengan aturan yang ada. Lahan umum yang digunakan sebagai lapangan berolahraga sesuai dengan peraturan RTRW kota Malang yang sudah di jelaskan oleh penulis. Berdirinya Mall dan Hotel dikawasan tersebut sudah menjadi pertimbangan bagi Pemerintah Kota Malang, di kawasan Stadion Gajayana di dalam RTRW kota Malang adalah kawasan Fasilitas umum/Fasilitas sosial sehingga didalam pembangunan sudah sesuai dengan RTRW yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Malang. Implementasinya pun juga mengalami beberapa faktor yang mempengaruhi. Faktor pendukung kerjasama tersedianya sumber daya finansial dan sumber daya manusia yang profesional. Sedangkan faktor penghambat kerjasama adalah komunikasi yang kurang baik dari berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/1010/051612352
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Nov 2016 13:48
Last Modified: 29 Nov 2016 13:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118133
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item