Analisis Capital Budgeting sebagai dasar pengambilan keputusan investasi aktiva tetap (studi kasus pada PT. Blue Sky Travel Surabaya)

Doloksaribu, Emmelia (2015) Analisis Capital Budgeting sebagai dasar pengambilan keputusan investasi aktiva tetap (studi kasus pada PT. Blue Sky Travel Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aktiva tetap merupakan komponen yang berperan penting dalam kegiatan usaha perusahaan. Pada PT. Blue Sky Travel Surabaya berencana melakukan investasi pada aktiva tetapnya. Investasi yang direncanakan yaitu mengganti armada yang sudah memasuki batas umur ekonomis. Diharapkan dengan penggantian armada maka dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan meningkatkan laba. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan teknik capital budgeting terkait dengan rencana investasi pada aktiva tetap layak atau tidak untuk dilaksanakan. Teknik capital budgeting yang digunakan adalah adalah average rate of return (ARR), payback period (PP), net present value (NPV), B/C ratio dan internal rate of return (IRR). Hasil analisa menggunakan teknik capital budgeting bahwa rencana investasi layak untuk dilaksanakan. Berdasarkan kriteria Accounting Rate of Return (ARR) dipeoleh nilai sebesar 20,486% lebih besar dari discount factor 6,651%, Payback Period (PP) diperoleh 4 tahun 1 hari kurang dari masa ekonomis aktiva 8 tahun, Net Present Value (NPV) bernilai positif sebesar Rp. 755.413.522, Benefit Cost Ratio (B/C Ratio) diperoleh nilai lebih besar dari satu sebesar 1,7116, dan hasil Internal Rate of Return (IRR) diperoleh nilai sebesar 20,9878% lebih besar dari discount factor 6,651%. Berdasarkan atas hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan saran agar PT. Blue Sky Travel Surabaya melaksanakan rencana penggantian armada karena rencana tersebut menguntungkan pihak perusahaan agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik dan meningkatkan laba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/992/051603806
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jun 2016 08:57
Last Modified: 22 Jun 2016 08:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118111
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item