Upaya Reformasi Birokrasi Melalui Lelang Jabatan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Layanan Publik (Studi Kasus Layanan Masyarakat Di 2 (Dua) Kelurahan Jakarta Utara)

Dewi, Sari (2015) Upaya Reformasi Birokrasi Melalui Lelang Jabatan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Layanan Publik (Studi Kasus Layanan Masyarakat Di 2 (Dua) Kelurahan Jakarta Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lelang jabatan merupakan contoh upaya reformasi birokrasi publik yang telah dan sedang dilaksanakan di DKI Jakarta. Penelitian ini menganalisis proses lelang jabatan lurah didua kelurahan di Jakarta Utara, mengkaji kualitas layanan publik sebelum dan setelah diadakannya lelang jabatan, dan mengidentifikasi faktor-faktor pendorong dan penghambat lelang jabatan dalam rangka memperbaiki kualitas layanan publik di dua kelurahan Jakarta Utara. Studi kasus jamak digunakan untuk mengkaji proses, kualitas layanan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di dua kelurahan di Jakarta Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelurahan Pegangsaan Dua dan Kelurahan Rawa Badak Utara. Data penelitian ini didapatkan dari wawancara berbagai pihak diantaranya lurah, pegawai dan masyarakat di dua kelurahan tersebut. Teknik untuk menganalisis penelitian ini dengan penjodohan pola (pattern matching analysis). Untuk melihat perbedaan dan persamaan dari proses lelang jabatan, kualitas layanan, faktor pendorong dan penghambat di kelurahan yang pelayanannya relatif baik dan kelurahan yang pelayanannya relatif kurang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lelang jabatan lurah dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 19 Tahun 2013 tentang Seleksi Terbuka Camat dan Lurah. Selain itu yang menjadi faktor pendorong lelang jabatan untuk meningkatkan kualitas layanan publik yaitu tranparansi; akuntabilitas; infrastruktur dan teknologi. Sebaliknya yang menjadi faktor penghambat lelang jabatan yaitu adanya potensi petualangan jabatan yang menyebabkan turunnya kualitas layanan publik. Dari temuan peneliti anggaran juga menjadi faktor penghambat untuk mempercepat peningkatan kualitas layanan publik di kelurahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian maka BKD sebagai penyelenggara lelang jabatan dalam proses penyeleksian penting untuk memperhatikan background pendidikan dari peserta tersebut sehingga nantinya terjadi efisiensi kinerja pegawai. Potensi petualangan jabatan dengan begitu akan terminimalisir. Selain itu anggaran dari Gubernur perlu lebih cepat dikeluarkan agar pelayanan publik semakin prima asalkan anggaran yang diberikan tepat sasaran.

English Abstract

Open selection system is an example of public bureaucracy reform implemented at Jakarta. This study explores the process of open selection system, examines service quality before and after the implementation, and identifies some factors that relate to village service quality in North Jakarta. Multiple case studies were used to explore the process of open selection system, examine service quality before and after the implementation, and identify some factors that relate to village service quality in the village. This study was conducted at Kelurahan Pegangsaan Dua dan Kelurahan Rawa Badak Utara. Data comes from interviews with village head, staffs and villagers in both villages. Pattern matching analysis was used to analysis the findings. The results show that both villages conducted open selection system based on Peraturan Gubernur Nomor 19 Tahun 2013. This study found that transparency, accountability, infrastructures and technology are factors that relate to service quality. But, village budget is the most important factor. This study also shows that village head mobility is factor that may decrease service after the implementation of the system. Based on the result of this research, BKD as the executant of open selection system in the selection process needs to consider the educational background of the participants in order to the efficiency of employee’s performance. Thefore, bad practice in village head selection can be minimized. In addition, the budget of the governor needs to be issued faster in order to optimize public services with accurate purpose.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/988/ 051602283
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 13 Apr 2016 08:51
Last Modified: 13 Apr 2016 08:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118106
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item