Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Kebijakan Pengelolaan Sampah Perkotaan” (Studi Pada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang

Martawati, HofiMouranny (2015) Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Kebijakan Pengelolaan Sampah Perkotaan” (Studi Pada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan penduduk, perubahan pola konsumsi, dan gaya hidup masyarakat telah meningkatkan jumlah timbunan sampah, jenis, dan keberagaman karakteristik sampah. Pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan UU No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah. Untuk mengatasi masalah persampahan ini semua Pemerintah Daerah telah mengeluarkan berbagai Peraturan Daerah yang menyangkut masalah pengelolaan sampah didaerahnya sendiri, membentuk organisasi pelaksanaannya, mengimplementasikan serta melakukan pengawasan. Salah satu wujud kebijakan dan peningkatan pelayanan pengelolaan sampah, pemerintah Kabupaten Jombang telah menetapkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah, didalamnya disebutkan bahwa pengelolaan sampah merupakan tanggungjawab bersama antara pemerintah Kabupaten Jombang, masyarakat dan dunia usaha secara proporsional, efektif dan efisien. Kebijakan ini tentunya tidak dapat berjalan maksimal tanpa adanya partisipasi masyarakat. Penelitian ini merupakan studi tentang “Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Kebijakan Pengelolaan Sampah Perkotaan”. Oleh karena itu penelitian ini diharapkan menghasilkan deskripsi tentang Partisipasi Masyarakat di Kabupaten Jombang. Ditinjau dari bentuk partisipasi, proses/tahapan partisipasi, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penilitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis data Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat di Kabupaten Jombang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun meskipun belum optimal. Dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah. Selain itu ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan kebijakan pengelolaan sampah perkotaan di Kabupaten Jombang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/984/051602749
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Apr 2016 13:58
Last Modified: 05 Oct 2023 08:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118102
[thumbnail of HOFI MOURANNY MARTAWATI.pdf] Text
HOFI MOURANNY MARTAWATI.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item