Analisis Faktor-faktor Preferensi Pelanggan dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Konsumen McDonalds di Indonesia dan Malaysia),

Erinda, Aisyah (2015) Analisis Faktor-faktor Preferensi Pelanggan dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Konsumen McDonalds di Indonesia dan Malaysia),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor Preferensi pelanggan terhadap restauran McDonalds dan pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Terdapat 21 variabel faktor-faktor preferensi konsumen (X) yang digunakan dalam penelitian ini serta pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Indonesia dan Malaysia pada responden Mahasiswa yang menyukai restauran cepat saji McDonalds. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus dari Machin dan Campbell (1987:89). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 orang responden konsumen McDonalds. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), Analisis faktor dan analisis regresi linier berganda Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis faktor terbentuk kedalam lima faktor yang terdiri dari varian menu (X1), faktor lahan parkir (X2), faktor kualitas makanan (X3), faktor harga (X4), dan faktor kualitas pelayanan (X5). Faktor-faktor preferensi tersebut mampu menjelaskan 67,555% keseluruhan faktor, dan sisanya 32,455% adalah faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Analisis koefisien determinasi diperoleh hasil Rsquare (koefisien determinasi) sebesar 0.611 artinya bahwa 61.1% variabel Keputusan Pembelian (Y) dipengaruhi oleh variable varian menu (X1), faktor lahan parkir (X2), faktor kualitas makanan (X3), faktor harga (X4), dan faktor kualitas pelayanan (X5) sedangkan sisanya sebesar 38.9% variabel Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Berdasarkan nilai signifikansi F(0.000)<α=0.05, maka hal ini menunjukkan signifikan, sedangkan perhitungan menggunakan uji t menunjukkan varian menu (X1), faktor lahan parkir (X2), faktor harga (X4) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan faktor kualitas makanan (X3) dan faktor kualitas pelayanan (X5) berpengaruh secara tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/978/0051602743
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Apr 2016 10:48
Last Modified: 18 Apr 2016 10:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118095
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item