Implementasi Program Desa Model “GEMATUMASKIN” (Gerakan Bersama Membantu Masyarakat Miskin) dalam Mengentaskan Kemiskinan (Studi pada Desa Kanorejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban

Aini, DorindaNur (2015) Implementasi Program Desa Model “GEMATUMASKIN” (Gerakan Bersama Membantu Masyarakat Miskin) dalam Mengentaskan Kemiskinan (Studi pada Desa Kanorejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan kemiskinan di Indonesia menjadi masalah global yang sulit dipecahkan termasuk di Kabupaten Tuban. Tingginya prosentase angka kemiskinan di Kabupaten Tuban menjadikan Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban harus mencari solusi untuk memecahkannya. Program Desa Model yang diimplementasikan melalui Gerakan Bersama Membantu Masyarakat Miskin (GEMATUMASKIN) menjadi pilihan Pemerintah Kabupaten Tuban sebagai upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tuban. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada Desa Kanorejo, Kecamatan Rengel yang merupakan salah satu desa di Kabupaten Tuban yang mengimplementasikan program Desa Model “GEMATUMASKIN”. Hasil penelitian menunjukkan komunikasi dan kejelasan program Desa Model berjalan optimal, namun kurang optimal pada masyarakat. Konsistensi program Desa Model dapat dijaga dengan adanya pedoman pelaksanaan program. Sumber daya manusia pelaksana setiap bagian telah terwakili, partisipasi banyak aktor telah membantu implementasi program, namun kekurangan pada tenaga pendamping sehingga menimbulkan hambatan pada proses penjualan produk hasil masyarakat Desa Kanorejo. Anggaran yang dialokasikan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan sistem yang bersifat bottom up, sumber daya peralatan yang dibutuhkan memadai dalam menunjang implementasi program, serta sumber daya pelaksana memiliki wewenang yang cukup dalam melaksanakan program. Disposisi seluruh pelaksana program Desa Model baik, pemilihan personil pelaksana menyesuaikan dengan bidang-bidang yang memiliki dedikasi dalam pengentasan kemiskinan serta kerja sama dan komitmen kuat antara pemerintah dan masyarakat memberikan pendukung dalam program Desa Model, namun insentif hanya diberlakukan pada Camat yang paling berhasil mengentaskan kemiskinan melalui program Desa Model. Struktur birokrasi program Desa Model sendiri efisien, Standard Operating Procedure (SOP) program Desa Model menggunakan Pendataan Program Perlindungan Sosial 2011 (PPLS 2011). Secara umum koordinasi dalam implementasi program Desa Model berjalan baik. Indikator pengentasan kemiskinan program Desa Model adalah prosentase realisasi penurunan tingkat kemiskinan yang melampaui target di Kabupaten Tuban setiap tahun. Solusi dengan pendekatan untuk membangun mental masyarakat, memberikan pelatihan keterampilan dalam pemasaran produk dan penyediaan proteksi pasar, serta menambah tenaga pendamping.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/969/0051602330
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Apr 2016 08:49
Last Modified: 18 Apr 2016 08:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118085
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item