Implementasi Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) Dalam Rangka Pengembangan Kompetensi Apartur Sipil ( Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Batu )

Arihasmiramadan, HayyuLucky (2015) Implementasi Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) Dalam Rangka Pengembangan Kompetensi Apartur Sipil ( Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Batu ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka pembenahan kualitas sumber daya aparatur sipil yang ada di birokrat saat ini termasuk diantaranya dalam hal pembinaan melalui program diklat. Analisis Kebutuhan Diklat merupakan program penyelenggaraan suatu kegiatan dimana berkaitan erat dengan perencanaan diklat. Pemerintah Kota Batu melalui BKD Kota batu melaksanakan program AKD dengan tujuan agar pelaksanaan diklat dapat tercapai dengan efektif dan tepat sasaran. Target atas keberhasilan pelaksanaan diklat merupakan parameter keberhasilan demi mewujudkan sumber daya aparatur yang kompeten. Program Analisis Kebutuhan Diklat pada dasarnya telah tertuang dalam peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai salah satu syarat pelaksanaan diklat kepegawaian. Undang-undang ASN nomor 5 tahun 2014 telah mengamanatkan agar aparatur sipil bisa bekerja dengan penuh tanggung jawab dan mandiri yang menjadi dasar perlunya pengembangan kompetensi pegawai negeri sipil. Peningkatan kompetensi aparatur sipil menjadi suatu syarat untuk mencapai reformasi birokrasi Studi dilakukan di BKD kota Batu bagian formasi dan pengembangan pegawai. Penelitian dilakukan dengan mengaitkan antara sumber-sumber yang diantaranya ialah wawancara terhadap informan, olah dokumen dan pengamatan langsung. Sosialisasi AKD diikuti oleh 88 peserta perwakilan dari seluruh SKPD Kota Batu dan 12 panitia dari BKD kota Batu. Implementasi AKD dilakukan dengan penjajakan langsung melalui media lembar isian atau kuesioner yang diedarkan kepada seluruh pegawai kota Batu melalui staf kepegawaian SKPD masing-masing. Hasil dari penjajakan diperoleh data masih banyak kebutuhan-kebutuhan diklat yang sebelumnya tidak terpikirkan untuk dipertimbangkan sebagai pokok masalah diklat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/967/051602328
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Apr 2016 14:36
Last Modified: 05 Apr 2016 14:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118083
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item