Pengembangan Sistem Pelayanan Informasi Perizinan Investasi Secara Elektronik (Studi Pada Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Gresik)

Arundinasari, Indira (2015) Pengembangan Sistem Pelayanan Informasi Perizinan Investasi Secara Elektronik (Studi Pada Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya pemerintah dalam memperbaiki sistem manajemen dalam peningkatan pelayanan publik yakni melalui pengembangan sistem informasi manajemen di bidang pelayanan perizinan investasi. Hal ini dikarenakan pemerintah menilai investasi yang ada di Kabupaten Gresik cukup tinggi dikarenakan Kabupaten Gresik merupakan salah satu daerah penyangga perekonomian yang ada di Jawa Timur sehingga Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Kabupaten Gresik melakukan peningkatan pelayanan yaitu pengembangan sistem pelayanan informasi perizinan investasi yang sebelumnya manual menjadi berbasis elektronik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada Badan Penanaman Modal dan Perizinan kabupaten Gresik karena merupakan pihak yang terlibat langsung dalam Pengembangan Sistem Pelayanan Informasi Perizinan Investasi Secara Elektronik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pengembangan sistem informasi dalam bidang perizinan investasi sudah terlaksana dengan baik karena BKPM memberikan bantuan beberapa unit komputer, printer dan modem dalam kelancaran proses pelayanan perizinan. Kemudian mekanisme dalam pelayanan berbasis elektronik ini bisa langsung mendaftar online di portal website BKPM www.nswi.bkpm.go.id pada menu SPIPISE sebelum melakukan registrasi kelengkapan persyaratan perizinan untuk pengajuan hak akses penggunaan SPIPISE dalam perizinan investasi. Kemudian dalam implementasinya pengembangan sistem pelayanan informasi perizinan investasi secara elektronik ini masih terdapat beberapa kendala seperti sering error nya server BKPM ataupun jaringan bandwidht yang kurang cepat sehingga proses pelayanan pun sedikit terganggu meskipun dampak positif dengan adanya pengembangan SPIPISE ini juga sangat efektif dan efisien bagi pengguna, karena pengguna bisa langsung mengecek status perizinannya melalui online. Terdapat faktor pendukung dalam pengembangan SPIPISE yakni ruangan yang nyaman untuk pengelolaan pelayanan perizinan, komputer yang menggunakan sistem operasi windows 7, adanya dasar hukum yang mengatur mengenai penggunaan SPIPISE dan Kabupaten Gresik adalah daerah dengan banyak industri. Faktor penghambat dalam pengembangan SPIPISE yakni jaringan bandwidht yang kurang cepat, dan keterlambatan investor melakukan penginputan perizinan. Oleh karena itu upaya yang harus dilakukan dalam mengatasi hambatan tersebut adalah dengan menambah jaringan bandwidhct, mengadakan pelatihan 8 penggunaan aplikasi SPIPISE kepada pegawai BPMP secara berkelanjutan, adanya persyaratan memiliki keterampilan penggunaan teknologi komputer dalam rekruitmen calon pegawai di BPMP dan peningkatan pengawasan perizinan terhadap investor serta sosialisai berkelanjutan mengenai dampak negatif apabila terlambat dalam melakukan penginputan data perizinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/963/051602324
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 11 Apr 2016 15:41
Last Modified: 11 Apr 2016 15:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118079
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item