Implementasi Kebijakan Pembangunan Taman Kota Dalam Memenuhi Ruang Terbuka Hijau Perkotaan (Studi Implementasi Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2003 Pada Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Malang)

Suryanti, BethaDwi (2015) Implementasi Kebijakan Pembangunan Taman Kota Dalam Memenuhi Ruang Terbuka Hijau Perkotaan (Studi Implementasi Peraturan Daerah No. 3 Tahun 2003 Pada Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu kebutuhan masyarakat perkotaan adalah tersedianya areal ruang publik (public space) yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan dalam setiap waktu. Maka sejatinya dalam suatu kota hingga tingkat wilayah terkecilnya harus selalu terdapat areal ruang publik untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat secara luas. Permasalahan yang timbul adalah ketika pembangunan tidak lagi memperhatikan dampak terhadap lingkungan. Seperti ketidaksesuaian pembangunan pada lahan terbuka yang seharusnya digunakan untuk ruang terbuka hijau,namun dijadikan pemukiman, kawasan industri, dibangunnya gedung-gedung bertingkat seperti ruko-ruko, apartement, pusat perbelanjaan/mall-mall, dan lain-lain. Solusi yang dapat digunakan oleh Pemerintah Kota Malang yaitu menambah lahan hijau atau taman kota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Malang dalam Pembangunan Taman Kota Malang sebagai upaya memenuhi ruang terbuka hijau di wilayah perkotaan terhadap pandangan beberapa masyarakat dalam mewujudkan visi dan misi Kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang Jawa Timur. Hal ini dapat menarik peneliti dikarenakan Kota Malang dikenal dengan sebagai kota bunga yang terdapat banyak taman. Situs penelitian ini adalah di Dinas Kebersihan dan Pertamanan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aturan serta strategi yang di tetapkan oleh pemerintah juga beberapa faktor yang bisa menjadi pendukung dalam implementasi kebijakan Pemerintah Kota Malang dalam pembangunan taman Kota Malang serta beberapa faktor yang bisa menjadi batu sandungan dalam mewujudkan pembangunan taman kota Malang dapat disimpulkan bahwa segala bentuk implementasi kebijakan Pemerintah Kota Malang telah sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dan segala bentuk kegiatan yang dilakukan dalam menanggulangi faktor-faktor yang bisa mendukung maupun menghambat kegiatan pembangunan taman kota Malang telah diantisipasi dalam beberapa aturan yang telah ditentukan oleh menteri maupun oleh peraturan Negara Republik Indonesia.

English Abstract

One of the needs of urban communities is the availability of public space area that can be utilized by various groups within each time. The city to the smallest regional level must always there are areas of public space to accommodate the needs of society at large. The problem that arises is when the building is no longer pay attention to the impact on the environment. Such discrepancies development on open land that should be used for green open spaces, but used such as residential, industrial, construction of high-rise buildings such as shophouses, apartments, shopping centers / malls, and others. Solutions that can be used by the City of Malang, add green areas or parks of the city. This study aimed to analyze the implementation of policies adopted by the Local Government of Malang in Malang City Parks Development as an effort to meet the green open spaces in urban areas against the view of some communities in realizing the vision and mission of Malang. This research uses descriptive research with a qualitative approach. This research was conducted in Malang City, East Java. It can attract researcher because Malang is known as the city of flowers that indirectly there are many parks. The research site is in the Department of Hygiene and Garden of Malang City. Analysis of the data used in this study using the Miles and Hubberman. The results showed that the rules and strategies set by the government are also several factors that can be a support in the implementation of Government policy in the development of Malang City park as well as some of the factors that could be a stumbling block in achieving development Malang City park can be concluded that all forms of policy implementation Malang City Government are in accordance with the regulations in force and all forms of activities undertaken in tackling the factors that can support or hinder the development activities Malang city park has been anticipated in some of the rules that have been determined by the minister or by the laws of the Republic of Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/960/ 051602321
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 06 Apr 2016 11:38
Last Modified: 23 Jul 2024 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118076
[thumbnail of Skripsi_beta.pdf] Text
Skripsi_beta.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item