Implementasi Sistem Informasi Manajemen E-Sapawarga Dalam Pembangunan Kota Surabaya (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya)

Dwitananda, Nindicha Rizky (2015) Implementasi Sistem Informasi Manajemen E-Sapawarga Dalam Pembangunan Kota Surabaya (Studi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh masalah yang ada dalam era saat ini yang semakin kompleks dan berkembang, pemanfaatan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan kemampuan mengolah, mengelola, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi dan pelayanan publik oleh pemerintah daerah. Selain itu, pemerintah dapat mengoptimalisasi pemanfaatan kemajuan teknologi informasi untuk mengeliminasi sekat-sekat organisasi dan birokrasi, serta membentuk jaringan sistem manajemen dan proses kerja yang memungkinkan instansi-instansi pemerintah bekerja secara terpadu, melalui Sistem Informasi Manajemen yaitu e-Sapawarga. Dimana e-Sapawarga ini merupakan wadah aspirasi masyarakat dalam menyalurkan pengaduan/keluhan melalui portal media sosial Kota Surabaya. Penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mempunyai dua fokus penelitian, yaitu: 1) Implementasi Sistem Informasi Manajemen e-Sapawarga dalam Pembangunan Kota Surabaya yang meliputi analisis sistem informasi manajemen e-Sapawarga, mekanisme sistem informasi manajemen e-Sapawarga, aktor-aktor sistem informasi manajemen e-Sapawarga, kualitas informasi e-Sapawarga, dan pelaksanaan sistem informasi manajemen e-Sapawarga dalam pembangunan Kota Surabaya. 2) Faktor Penghambat/Kendala dan Pendukung Sistem Informasi Manajemen e-Sapawarga dalam Pembangunan Kota Surabaya, meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi sistem informasi manajemen e-Sapawarga dalam pembangunan Kota Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan e-Sapawarga memiliki salah satu kelebihan dibanding dengan jejaring sosial lain seperti facebook, path, dan media sosial lainnya. Hal ini dibedakan karena e-Sapawarga ini merupakan salah satu wadah aspirasi yang dibuat oleh pemerintah kota untuk menghimpun keluhan/pengaduan dan saran secara langsung dari warga. Terkait pada pelaksanaannya Pemerintah Kota Surabaya melakukan hasil rekapitulasi dan analisis dari hasil keluhan setiap bulannya di website Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Akan tetapi pada pelaksanaannya seiring masuk pada tahun 2015 ditemukan fakta penurunan yang cukup drastis yaitu dimulai sejak akhir 2014 yaitu dengan minimnya animo masyarakat hingga sampai pada angka nol dan ini membuktikan tidak adanya keluhan masuk sama sekali melalui portal sapawarga. Hal ini diketahui dengan adanya perbaikan yang memakan waktu yang cukup lama oleh pemerintah sehingga masyarakat merasa monoton dan enggan melakukan pengaduan/keluhan melaui e-Sapawarga.

English Abstract

Research background is that there is a problem that recently begins to develop into more complex issue. This problem is about how to use the progress of information technology to increase the ability of local government in processing, managing, allocating and distributing information and public service. Besides, the government must optimize the use of the progress of information technology to eliminate the screens of organization and bureaucracy, and to develop a network of managerial system and work process that allows governmental institutions to work in integrated ways. One solution is Management Information System called e-Sapawarga. Indeed, e-Sapawarga represents the reservoir for the aspirations of community who will channel their grievance/complaint through the portal of social media in Surabaya City. Research type is descriptive with qualitative approach. Focus of research is given upon two issues: (1) the implementation of e-Sapawarga Management Information System in the development of Surabaya City which is understood through e-Sapawarga Management Information System, the mechanism of e-Sapawarga Management Information System, the quality of information of e-Sapawarga, and the implementation of e-Sapawarga Management Information System in the development of Surabaya City; and (2) the factors supporting and constraining e-Sapawarga Management Information System in the development of Surabaya City. Result of research indicates that the implementation of e-Sapawarga is one step superior to other social networks such as facebook, path, and other social media. It is said so because e-Sapawarga is the aspiration reservoir made by the city government to compile grievance/complaint and direct suggestion from the citizen. Related to e-Sapawarga implementation, the government of Surabaya City has recapitalized and analyzed the complaints monthly in the website of The Official of Communication and Information of Surabaya City. Approaching to 2015, e-Sapawarga implementation is drastically reduced. It is already seen since the final round of 2014 due to the minimally unexpected interest of the community to use e-Sapawarga portal. Quite extensive schedule for reparation by the government, which involves longer than the expected time, has induced the community to feel monotonous and hesitant to submit grievance/complaint through e-Sapawarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/959/ 051602320
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 06 Apr 2016 11:55
Last Modified: 25 Nov 2021 04:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118074
[thumbnail of BAB_I-V_FIX_Nindicha_115030107111017_(Repaired).pdf]
Preview
Text
BAB_I-V_FIX_Nindicha_115030107111017_(Repaired).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item