Kontribusi Pajak Hotel Dan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)

Dewi, WindaRufiana (2015) Kontribusi Pajak Hotel Dan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan otonomi daerah menntut setiap daerah mampu membiayai keperluannya sendiri. Hotel dan reklame sebagai salah satu potensi daerah yang menyumbang pendapatan melalui sektor pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas, laju pertumbuhan, dan kontribusi pajak hotel dan reklame pada Pendapatan Asli Daerah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah laporan target dan realisasi pendapatan pajak hotel, pajak reklame, pajak daerah, Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2011-2014. Analisis yang digunakan adalah analisis efektivitas, laju pertumbuhan dan kontribusi. Hasil penelitian yaitu tingkat rata-rata efektivitas pajak hotel dan pajak reklame dari tahun 2011-2014 rata-rata adalah sangat efektif. Rata-rata tingkat laju pertumbuhan pajak hotel dan pajak reklame masuk kriteria tidak berhasil. Tingkat kontribusi rata-rata pajak hotel terhadap pajak daerah adalah sangat kurang dan rata-rata kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah juga sangat kurang. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang adalah dengan cara mencari potensi baru dan menggali potensi yang sudah terdata, merumuskan peraturan optimalisasi penerimaan pajak hotel dan pajak reklame, pemberian sanksi, serta menjalankan sistem pajak online e-tax (elektronik pajak).

English Abstract

The implementation of local autonomy is requiring every locality to finance their interest. Hotel and advertisement are potentially contributing to the income through tax sector. The objective of research is to understand effectiveness, growth rate, and contribution of hotel and advertisement taxes to Local Genuine Income. Research type is descriptive with qualitative approach. Data collection technique includes interview and documentation. The data involve the report of target and realization of hotel tax income, and also the document related to advertisement tax, local tax, and Local Genuine Income in period 2011-2014. Analysis method is the analysis over effectiveness, growth rate and contribution. Result of research indicates that in average, hotel tax and advertisement tax in period 2011-2014 is very effective. Growth rate of hotel tax and advertisement tax is assigned into unsuccessful criteria. Contribution rate of hotel tax to local tax is very low, so is its contribution to Local Genuine Income. Some efforts are already taken by the Official of Local Income in Malang City such as to look for new potential, to explore further the existing potential, to formulate the law to optimize the revenue of hotel and advertisement taxes, to enforce the sanction, and to implement e-tax online tax system (tax electronic system).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/951/ 051602312
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Apr 2016 09:07
Last Modified: 12 Apr 2016 09:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118065
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item