Pengaruh Komunitas Merek Terhadap Loyalitas (Survei pada Anggota Komunitas Motor Honda Tiger Malang)

Nugroho, AdamAji (2015) Pengaruh Komunitas Merek Terhadap Loyalitas (Survei pada Anggota Komunitas Motor Honda Tiger Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui dan menjelaskan: (1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Kesadaran Bersama, Ritual dan Tradisi, Tanggung Jawab secara simultan terhadap variabel Loyalitas Merek. (2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Kesadaran Bersama, Ritual dan Tradisi, Tanggung Jawab secara parsial terhadap variabel Loyalitas Merek. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Jl Ijen Malang yang merupakan tempat berkumpulnya anggota komunitas Honda Tiger Neo_Gat’s Malang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Analisis data secara deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh Komunitas Merek yang terdiri dari variabel Kesadaran Bersama, Ritual dan Tradisi dan Tanggung Jawab Moral terhadap Loyalitas Merek secara bersama-sama adalah signifikan. (2) Pengaruh variabel Bukti Langsung terhadap Loyalitas Merek adalah signifikan. (3) Pengaruh variabel Ritual dan Tradisi terhadap Loyalitas Merek adalah signifikan. (4) Pengaruh variabel Tanggung Jawab Moral terhadap Loyalitas Merek adalah tidak signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kesadaran Bersama menjadi yang dominan mempengaruhi variabel Loyalitas Merek, hasil ini menunjukkan bahwa komunitas Honda Tiger Malang (Neo_Gat’s) sudah mampu membuat kesadaran masing-masing anggota komunitasnya untuk memberikan kontribusi terhadap merek Honda Tiger. Disarankan juga kepada komunitas Honda Tiger Malang (Neo_Gat’s) lebih meningkatkan Tanggung jawab moral komunitasnya karena pada hasil penelitian variabel ini yang paling kecil mempengaruhi Loyalitas Merek, salah satunyadengan mengadakan kegiatan-kegiatan sosial kepda masyarakat sekitar yang bertujuan untuk menginformasikan hal positif tentang merek Honda Tiger.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/936/051600601
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Feb 2016 10:42
Last Modified: 05 Feb 2016 10:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118047
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item