Analisis Pelayanan Pajak Bumi Dan Bangunan Berbasis Electronic Government ( Studi Tentang Penerapan Aplikasi Sismiop Di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan)

Handoko, AchmadWahyu (2015) Analisis Pelayanan Pajak Bumi Dan Bangunan Berbasis Electronic Government ( Studi Tentang Penerapan Aplikasi Sismiop Di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan pajak merupakan salah satu pelayanan publik yang dibutuhkan masyarakat untuk melaksanakan kewajibanya sebagai warga negara untuk membayar pajak. Salah satu jenis pelayanan pajak yaitu pelayanan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan yang mulai tahun 2014 dialihkan menjadi pajak daerah. Berdasarkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Lamongan kemudan menciptakan pelayanan pajak bumi dan bangunan berbasis e-government yang disebut dengan E-PBB. Pelayanan pajak bumi dan bangunan berbasis e-government ini merupakan pelayanan pendataan, penilaian, penetapan, pengadministrasian, pemungutan/ penagihan, dan pembayaran pajak bumi dan bangunan yang berbasis aplikasi Sistim Informasi Manajemen Obyek Pajak (SISMIOP). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan pajak bumi dan bangunan berbasis e-government yang ada di Dinas Pendapatan daerah Kabupaten Lamongan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan pajak bumi dan bangunan berbasis e-government yang ada di Dinas Pendapatan daerah Kabupaten Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana untuk mendapatkan informasi digunakan teknik wawancara dan observasi mengenai kualitas pelayanan pajak bumi dan bangunan berbasis e-government. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Lamongan, sedangkan situs penelitian yaitu di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan. Indikator yang digunakan untuk menmgukur kualitas pelayanan pajak bumi dan bangunan berbasis e-government ini adalah reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kualitas pelayanan pelayanan pajak bumi dan bangunan berbasis e-government yang ada di Dinas Pendapatan daerah Kabupaten Lamongan dapat dikatakan baik. Dari lima indikator yang ada, salah satu indikator yang perlu diperbaiki yaitu reliability. Adapun faktor pendukung kualitas pelayanan meliputi faktor internal yaitu sumberdaya manusia yang berkualitas, menggunakan cloud system, dukungan dana dari pemerintah dan sosialisasi gerakan sadar pajak. Faktor eksternal yaitu adanya partisipasi masyarakat. Sedangkan faktor penghambat antara lain faktor internal yang meliputi kurangnya dana dari pemerintah dan adanya sarana dan prasarana yang perlu diperbaiki. Kemudian faktor eksternal yang meliputi masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak dan sosialisasi yang belum maksimal. Saran dari peneliti, yang pertama yaitu seharusnya dari pihak Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Lamongan sendiri harusnya lebih memperjelas prosedur vii pembayaran yang benar untuk membayar pajak bumi dan bangunan. Sedangkan yang kedua yaitu agar mobil pajak keliling segera direalisasikan agar lebih memudahkan masyarakat untuk mendapat pelayanan pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/933/051600598
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Feb 2016 15:55
Last Modified: 19 Feb 2016 15:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118044
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item