Evaluasi Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern (Studi pada PT Tiara Megah Indah Jaya Malang),

Manik, Nani (2015) Evaluasi Sistem Akuntansi Penggajian Karyawan dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern (Studi pada PT Tiara Megah Indah Jaya Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan sebuah perusahaan sangat dipengaruhi oleh sistem yang berjalan dalam perusahan tersebut. Salah satu sistem akuntansi yang dirancang untuk menyajikan informasi di dalam perusahaan adalah sistem akuntansi penggajian. Sistem akuntansi penggajian dalam sebuah perusahaan dimaksudkan dalam mengefektifkan dan mengefesiensikan dalam proses pelaksanaan penggajian yang ada di dalam perusahaan sehingga kendala ataupun permasalahan yang mungkin terjadi dapat dihindari. Sistem akuntansi penggajian dalam hal ini memiliki peranan dalam upaya meningkatkan pengendalian intern perusahaan. Dorongan sebuah sistem pengendalian yang baik mampu menciptakan keadaan perusahaan akan selalu berjalan stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem akuntansi penggajian karyawan yang diterapkan perusahaan dalam upaya mendukung pengendalian intern perusahaan. Obyek penelitian ini adalah PT Tiara Megah Indah Jaya Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan menggambarkan sistem akuntansi penggajian karyawan yang didukung oleh pengendalian intern. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah sistem akuntansi penggajian yang meliputi fungsi yang terkait, dokumen yang digunakan, catatan yang digunakan, informasi yang dibutuhkan, flowchart dan jaringan prosedur yang membentuk sistem akuntansi penggajian serta sistem pengendalian intern yang meliputi struktur organisasi, sistem otorisasi, prosedur pencatatan, dan praktik yang sehat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat digambarkan bahwa sistem akuntansi penggajian karyawan dalam upaya mendukung pengendalian intern pada PT Tiara Megah Indah Jaya Malang telah berjalan dengan baik, namun masih memiliki kekurangan yaitu terjadi perangkapan tugas pada bagian kepala administrasi dan belum terdapat bukti transfer kepada karyawan setelah menerima gaji. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini adalah, sebaiknya terdapat bagian keuangan yang menangani penggajian perusahaan dan diberikan bukti transfer kepada karyawan sebagai bukti bahwa gaji telah dikirimkan ke rekening karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/929/051600594
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Feb 2016 10:31
Last Modified: 15 Feb 2016 10:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118039
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item