Pengaruh International Brand Image dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Pengguna Kosmetik Maybelline di Mahasiswi Universitas Brawijaya),

Sitompul, DewiMarisa (2015) Pengaruh International Brand Image dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Pengguna Kosmetik Maybelline di Mahasiswi Universitas Brawijaya),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia bisnis saat ini semakin ketat dan kompetitif, terutama persaingan antara perusahaan-perusahaan global. Hal ini menuntut perusahaan untuk selalu dapat menyajikan yang terbaik bagi konsumen di pasaran. Salah satu industri yang memiliki pengaruh besar di psaran adalah industri kosmetik. Strategi harus dilakukan oleh perusahaan kosmetik untuk tetap bertahan di pasar global seperti menciptakan nama merek pada produk mereka yang nantinya akan menjadi identitas produk tersebut di pasar global dan juga memberikan inovasi bagi produk mereka dari segi atribut-atribut produknya. Penelitian ini menyelidiki bagaimana pengaruh dari citra merek global dan atribut produk yang ditawarkan Maybelline terhadap keputusan pembelian di pasaran. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksplanatori. Lokasi pnelitian ini dilakukan di Universitas Brawijaya pada mahasiswi pengguna kosmetik Maybelline. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan aanalisi regresi linier berganda dengan uji t dan F. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh international brand image dan atribut produk terhadap keputusan pembelian. Variabel eksogen yang digunakan dalam penelitian ini adalah international brand image (X1), atribut produk (X2), sedangkan variabel endogen dalam penelitian ini yaitu keputusan pembelian (Y). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa koefisien determinasi (R2) sebesar 0,531. Artinya bahwa 53,1% variabel keputusan pembelian dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu international brand image (X1) dan atribut produk (X2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa international brand image dan atribut produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil temuan lain menunjukan bahwa international brand image dan atribut produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian.

English Abstract

Nowadays, the development of business world increasingly tight and competitive, especially competition among global companies. This kind of situation requires the company to always serve well to their consumers in the market area. One of the industry that has a great influence in the market area is cosmetic industry. The strategy should be done by a cosmetic industry to bear up in the global market as creating a brand name on their products which will become identity of their products in global market and also provide innovation for their product in terms of product attributes. This study shows how the influence of international brand image and product atrribute offered by Maybelline toward purchase decision in the market area. This type of research used explanatory research. The location of this research was conducted at Universitas Brawijaya on female students who were using Maybelline cosmetics. The sampling technique used accidental sampling. The data analysis technique in this study used multiple linier regression analysis with T test and F test. The purpose of this research was to understand the effect of international brand image and product attribute toward purchase decision. Exogenous variables used in this study was international brand image (X1), product attributes (X2) and an endogenous variables in this study was purchase decision (Y). The result of this study indicated that the coeficient of determination (R2) was 0,531. It meant that 53,1% variabel purchase decision were influenced by the independent variabel, namely international brand image (X1) and product attributes (X2). These results indicated that the international brand image and product attributes were together influence the purchase descision. The other results pointed out that the international brand image and product attributes were partially influence on purchase decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/92/051502376
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Mar 2015 09:08
Last Modified: 27 Mar 2015 09:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118029
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item