Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Pelaksanaan Self Assessment System (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP BATU).

Akbar, ImamNur (2015) Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Pelaksanaan Self Assessment System (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP BATU). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak mempunyai peran dominan dalam penerimaan Negara, penerimaan yang berasal dari pajak lebih besar dibandingkan penerimaan dari PNBP maupun hibah, Penerimaan Negara digunakan untuk membiayai pengeluaran rutin dan pembangunan nasional. Kementrian Keungan memiliki instansi Direktrorat Jendral Pajak yang bertugas untuk menghimpun dan menggali potensi perpajakan, Salah satunya dengan reformasi perpajakan dengan menggunakan self assessment system. Penelitian tentang Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Pelaksanaan Self Assessment System. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Batu tahun 2014 yaitu sebanyak 19.837 wajib pajak orang pribadi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel wajib pajak dilakukan dengan menggunakan metode random sampling. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatatan kuantitatif. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah Persepsi wajib pajak orang pribadi dengan lima indikator dan sepuluh item didalamnya sedangkan variablel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah pelaksanaan self assessment system dengan empat indikator dan sepuluh item didalamnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis linier sederhana. Hasil uji f menunjukan bahwa Persepsi wajib orang pribadi berpengaruh signifikan terhadap pelaksanaan self assessment system. Beberapa saran yang diberikan peneliti ini adalah 1)Diharapkan pihak kantor pajak khususnya kantor pelayanan pajak pratama batu dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanannya terhadap wajib pajak ; 2) sosialiasi secara berkala mengenai peraturan perpajakan dan pelaksanaan Self Assessment System yang baik, sehingga Persepsi wajib pajak menjadi lebih baik lagi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/916/051600581
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Feb 2016 14:27
Last Modified: 15 Feb 2016 14:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118025
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item