Dampak Pengembangan Pariwisata terhadap Kehidupan Masyarakat Lokal di Kawasan Wisata (Studi pada Masyarakat Sekitar Wisata Wendit, Kabupaten Malang).

Abdillah, AkhmadBoriesYasin (2015) Dampak Pengembangan Pariwisata terhadap Kehidupan Masyarakat Lokal di Kawasan Wisata (Studi pada Masyarakat Sekitar Wisata Wendit, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tiga rumusan masalah, yaitu (1) Bagaimana pengembangan pariwisata di obyek wisata Wendit di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang? (2) Bagaimana dampak pengembangan wisata Wendit Kabupaten Malang terhadap masyarakat lokal? Dan (3) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Malang terhadap pengembangan wisata Wendit Kabupaten Malang?. Sumber data penelitian diperoleh dari informan, observasi dan dokumen. Analisis penelitian menggunakan tiga tahap yaitu mereduksi data yang telah dikumpulkan, menyajikan data dan verifikasi data. Data penyajian terdiri dari pengembangan pariwisata pada Taman Wisata Air Wendit meliputi (1) pengembangan obyek dan daya tarik wisata, (2) pengembangan sarana dan prasarana pariwisata, (3) pemasaran dan promosi pariwisata dan (4) pengembangan Sumber Daya Manusia pariwisata. Adapun dampak sosial budaya dan ekonomi yang ditimbulkan dengan adanya pengembangan pariwisata terhadap masyarakat sekitar Taman Wisata Air Wendit dan faktor pendukung dan penghambat dari pengembangan Taman Wisata Air Wendit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Taman Wisata Air Wendit berdampak kepada kehidupan masyarakat sekitar. Dampak tersebut berupa dampak sosial seperti (1) meningkatnya keterampilan penduduk, (2) transformasi mata pencaharian dan (3) transformasi norma. Selain itu ada dampak budaya yang masih tetap dilestarikan. Dan dampak ekonomi berupa (1) penyerapan tenaga kerja, (2) mendorong aktivitas berwirausaha dan (3) meningkatkan pendapatan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengajukan saran sebagai berikut. (1) melakukan kerjasama dengan perusahaan pariwisata, (2) mengadakan event-event setiap bulannya di Taman Wisata Air Wendit dan (3) melakukan pelatihan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/899/051600619
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Feb 2016 12:12
Last Modified: 15 Feb 2016 12:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118005
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item