Total Quality Management dalam Pelayanan Pendidikan (Studi Pada Dinas Pendidikan Kota Malang)”.

Muzakka, MukhammadDliya` (2015) Total Quality Management dalam Pelayanan Pendidikan (Studi Pada Dinas Pendidikan Kota Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mutu pendidikan di Indonesia masih rendah dan disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya: pola penyelenggaraan pendidikan, kebijakan penyelenggaraan pendidikan, serta peran guru dan masyarakat. Untuk itu, perlu dilakukan upaya – upaya peningkatan mutu pendidikan dengan menggunakan indikator-indikator yang jelas dan bervariasi sehingga dapat diketahui kondisi kualitas pendidikan dan pelayanan pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh satu fokus penelitian yaitu Kualitas pelayanan pendidikan berdasarkan karakteristik-karakteristik dalam Total Quality Management, meliputi: Fokus pada pelanggan, Obsesi terhadap kualitas, Pendekatan ilmiah, Komitmen jangka panjang, Kerjasama tim, Perbaikan sistem secara berkesinambungan, Pendidikan dan pelatihan, Kebebasan yang terkendali, Kesatuan tujuan, Adanya keterlibatan dan pemberdayaan pegawai. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisa data model interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan, program/kegiatan telah fokus pada kepentingan pelanggan (masyarakat), terdapat target yang harus dicapai dalampelaksanaan pekerjaan, pendekatan ilmiah dilakukan dengan dapodik sebagai patok duga dalam pelaksanaan pekerjaan, terdapat penekanan terhadap pegawai untuk berkomitmen, koordinasi telah terlaksana dengan baik, telah dilakukan upaya perbaikan sistem pelayanan dengan online, terdapat upaya peningkatan kemampuan pegawai melalui program pendidikan dan pelatihan, pegawai di berikan kesempatan untuk berinovasi meningkatkan kinerjanya dengan dibarengi pengawasan oleh pimpinan, visi dan misi terarah dengan jelas, seluruh pegawai dilibatkan dalam pelaksanaan pekerjaan sesuai tugas pokok dan fungsinya dan posisi disesuaikan dengan pangkat/jabatan yang dimiliki sehingga pegawai merasa diberdayakan. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa kualitas pelayanan pendidikan dilihat dari konsep Total Quality Management sudah baik. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini, bahwa konsep Total Quality Management dalam pelayanan publik khususnya pendidikan dapat dijadikan sebagai indikator untuk melihat kualitas pelayanan, karena Total Quality Management memiliki berbagai konsep manajemen yang bermanfaat bagi birokrasi pelayanan publik untuk digunakan dalam langkah peningkatan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/890/051600610
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Feb 2016 14:35
Last Modified: 16 Feb 2016 14:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117996
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item