Wibowo, LailliaAri (2015) Evaluasi Pelayanan Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online (Studi Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penyelenggaraan pelayanan pada masyarakat merupakan salah satu masalah yang mendapat perhatian serius oleh aparatur pemerintah. Sehingga layanan dibidang pendidikan telah dirubah dari sistem lama seperti tes dan sistem rayon yang melelahkan masyarakat berubah menjadi sistem Online. Latar belakang penelitian ini diangkat yaitu untuk melihat bagaimana evaluasi dari kebijakan PPDB online yang diterapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto dengan melihat proses penggunaan PPDB online yang belom mampu berjalan secara maksimal karena masih ada beberapa hambatan yang terjadi pada proses penerapan pelayanan kepada masyarakat. Penilitian ini mengkaji penerapan pelayanan PPDB Online serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peneraan PPDB Online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian adalah Kota Mojokerto, sedangkan fokus penelitian adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaaan Kota Mojokerto. Observasi dan wawancara dilakukan kepada beberapa informan kunci seperti Kasi kesiswaan Bidang Pendidikan SMP/SMA/SMK, wali murid, dan siswa. Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa penerapan PPDB melalui online sebagai upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan pelayanan publik sudah terlaksana, namun masih belum mencapai tingkat keberhasilan yang maksimal.hal ini didasarkan pada hasil penelitian di lapangan, walaupun penerapan PPDB Online berpedoman pada Peraturan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Nomor 421.0/45/407.301/2014 tentang pedoman teknis penerimaan peserta didik baru pada SMP, SMA, dan SMK. Namun masih ada masalah di dalam pelaksanaannya, meliputi: kurangnya pemahaman masyarakat terhadap sistem dan mekanisme PPDB Online, sosialisasi PPDB Online yang belum sepenuhnya tepat sasaran, faktor penghambat yang bersifat teknis. Rekomendasi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi adalah memberikan penyuluhan dan sosialisasi secara berkelanjutan kepada sekolah-sekolah yang terlibat PPDB Online dan orang tua wali tentang tata cara menggunakan PPDB Online. Sehingga masyarakat sebagai pengguna pelayanan dapat mencapai kepuasan dengan adanya peningkatan pelayanan melalui PPDB Online. Meningkatkan pengawasan terhadap infrasuktur jaringan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/887/051600562 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 11 Feb 2016 11:44 |
Last Modified: | 11 Feb 2016 11:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |