Gaya Kepemimpinan Lurah untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Lingkungan Hidup (Studi di Kelurahan Jatisari Kota Bekasi).

Rahman, MuhamadAulia (2015) Gaya Kepemimpinan Lurah untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Lingkungan Hidup (Studi di Kelurahan Jatisari Kota Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup merupakan hal sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan serta mencegah kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup. Adanya peraturan mengenai lingkungan hidup memungkinkan terjadinya keterlibatan masyarakat dalam pembangunan lingkungan hidup. Partisipasi masyarakat adalah keikutsertaan individu dalam suatu kegiatan. Salah satu faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat adalah gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan merupakan cara seorang pemimpin untuk mempengaruhi orang lain. Jadi, peran seorang pemimpin juga berpengaruh dalam pembangunan lingkungan hidup dengan cara meningkatkan partisipasi dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan mengidentifikasi bagaimana gaya kepemimpinan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan lingkungan hidup, serta bentuk dan jenis partisipasi yang masyarakat lakukan dalam pembangunan lingkungan hidup. Pada penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode analisis data dalam penelitian ini dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian di Kelurahan Jatisari Kota Bekasi Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa gaya kepemimpinan Lurah Jatisari untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan lingkungan hidup adalah gaya kepemimpinan situasional. Selain itu, Lurah Jatisari mengambil keputusan dengan menggunakan gaya instruktif, cara berkomunikasi lurah kepada masyarakatnya mengacu pada gaya konsultatif, pengawasan terhadap pembangunan lingkungan hidup mengacu pada gaya instruktif dan lurah dalam memotivasi masyarakat mengacu pada gaya partisipasi. Partisipasi yang dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Jatisari diantaranya partisipasi dalam memberikan dan menerima informasi, memberikan tanggapan dan saran terhadap informasi, pelaksanaan operasional pembangunan, menerima hasil pembangunan dan menilai hasil pembangunan. Namun dalam pengambilan keputusan, tidak ada keterlibatan masayarakat terhadap pembangunan lingkungan hidup. Hasil pembangunan lingkungan hidup yang telah dicapai diantaranya pembuatan lubang resapan biopori, jalur hijau dan penananman pohon di pekarangan rumah. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu dalam pengambilan keputusan untuk melibatkan masyarakat. Pengawasan menyeluruh dan merata. Pemeliharan terhadap hasil lubang resapan biopori ditingkatkan agar tidak menimbulkan bencana di kemudian hari. Kesadaran masyarakat perlu ditingkatkan untuk menjaga lingkungan hidup agar tetap terjaga kelestariannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/869/051600544
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Feb 2016 09:31
Last Modified: 10 Feb 2016 09:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117973
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item