Agustin, Rindya (2015) Implementasi Kebijakan Grand Design Reformasi Birokrasi Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Implementasi Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 di Pemerintah Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bermula dari berbagai permasalahan yang ada pada birokrasi di Kota Malang. Seperti permasalahan perijinan yang rumit, korupsi, kolusi dan nepotisme yang masih tercium di setiap bagian Pemerintahan Kota Malang. maka dibutuhkan sebuah kebijakan dari Pemerintah Kota Malang yang mana harus berpedoman pada Peraturan Presiden Republik Indonesia serta Peraturan Walikota Malang agar setiap kebijakan yang diambil dapat diterima oleh berbagai pihak serta memiliki dasar hukum yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi kebijakan grand design reformasi birokrasi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Pemerintah Kota Malang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat dalam implementasi kebijakan grand design reformasi birokrasi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Pemerintah Kota Malang. Pelayanan publik mempunyai peran penting bahkan vital pada kehidupan ekonomi dan politik. Pelayanan publik juga merupakan unsur paling penting dalam meningkatkan kualitas hidup sosial di dalam masyarakat manapun. Penelitian ini mengggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang Jawa Timur. Adapun yang menjadi situs dalam penelitian ini adalah bagian Organisasi Pemerintah Kota Malang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu kesiapan yang patut di apresiasi adalah koordinasi yang signifikan antara pemerintah kota dengan badan-badan dinas yang dibentuk pemerintah dalam mengatur segala bentuk kebijakan Grand Design reformasi birokrasi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik seperti kordinasi pemerintah kota dengan bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Malang dalam mengurusi peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Malang. Pemerintah Kota Malang juga mempunyai kendala seperti permasalahan sumber daya manusia serta sumber dana yang ada serta pola pikir masyarakat yang selalu berubah-ubah yang dapat mempengaruhi kelancaran kebijakan Grand Design reformasi birokrasi dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik yang direncanakan oleh Pemerintah Kota Malang. Pemerintah Kota Malang untuk kedepanya juga harus lebih sering melakukan sosialisai serta kerja sama yang saling mnguntungkan agar bisa menutupi masalah seperti kekurangan dana dan kesulitan dalam hal birokrasi.
English Abstract
This study stems from a variety of problems that exist in bureaucracy in Malang. The complex as licensing issues, corruption, collusion and nepotism still wafted in every part of the City Government of Malang. All those problem needs a solution from policies government, it needed a policy of the Government of Malang which should be guided by the Regulation of the President of the Republic of Indonesia and Regulation Malang Mayor that any measures taken to be accepted by all parties and has a strong legal basis. The study aims to describe the initial review of how the implementation of policies and analysis grand design bureaucratic reform, efforts to improve public services in the City Government of Malang. Also initial study aims to review identify factors that support and the implementation of policies grand design bureaucratic reform quality to improve public services in the City Government of Malang. Important role of public services have important even on economic life and politics. also public services is an important element of the fence hearts the quality of social life in the hearts' of any society. There are many several research studies, this study using a qualitative descriptive. The study was conducted in the city of Malang, East Java. The study site is a place where researchers should have capturing the true state of the object being studied. Data analysis methods in this research used Miles amd Huberman. The results showed that one of preparedness should be appreciated is significant coordination between the municipal government bodies established by the government agencies in regulating all forms of bureaucratic reform policy of the Grand Design in improving the quality of public services such as city government coordination with the Regional Secretariat of the Organization section Malang in charge of improving the quality of public services in the city of Malang. Government Malang also has problems such as issues of human resources and the resources available and the mindset of the people who are always changing that may affect the smooth running of the Grand Design bureaucratic reform policy in improving the quality of public services planned by the City of Malang. Government Malang to kedepanya also need more frequent socialization and mutual cooperation mnguntungkan order to cover issues such as lack of funds and difficulties in terms of bureaucracy.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/865/051600540 |
Uncontrolled Keywords: | Public Service, Bureaucracy Reform, Public Poli,-Pelayanan Publik, Reformasi Birokrasi, Kebijakan Publik |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Feb 2016 15:17 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 03:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117969 |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (31kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (364kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (179kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (462kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (191kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (603kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (127kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |