Implementasi Program Pembangunan Terpadu Berbasis Kawasan Kemiskinan (PTBK2) Dalam Upaya Menanggulangi Kemiskinan (Studi pada Desa Tambakrejo Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo).

Denada, AyuWandaLorenthaZein (2015) Implementasi Program Pembangunan Terpadu Berbasis Kawasan Kemiskinan (PTBK2) Dalam Upaya Menanggulangi Kemiskinan (Studi pada Desa Tambakrejo Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu Kabupaten yang tidak terlepas dari permasalahan kemiskinan. Untuk menindaklanjuti adanya Perpres No. 15 tahun 2010 tentang percepatan kemiskinan kemudian Permendagri No. 42 tahun 2010 tentang pembentukan Tim Koordinasi Pennggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD). Tim Koordinasi penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) membuat program inovasi yaitu Program Pembangunan Terpadu Berbasis Kawasan Kemiskinan (PTBK2). Program ini memiliki dua intervensi yaitu intervensi jamban sehat dan intervensi rumah sehat yang mana dilaksanakan di kawasan yang menjadi kantong kemiskinan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis kualitatif model Spradley. Pada model analisis ini peneliti melakukan tahapan analisis kualitatif, yakni analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema budaya terkait dengan implementasi program PTBK2. Dalam penelitian ini dibatasi oleh 2 fokus penelitian, yaitu (1) Implementasi Program Pembangunan Terpadu Berbasis Kawasan Kemiskinan (PTBK2); (2) faktor yang mendukung dan faktor yang menhambat dalam implementasi program PTBK2. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Implementasi program PTBK2 ini terbagi atas 2 intervensi yakni intervensi jamban sehat dan intervensi rumah sehat yang mana dilaksanakan melalui tahapan aktivitas yaitu interpretasi, pengorganisasian serta pelaksanaan sehingga implementasi berjalan dengan baik;(2) faktor pendukung dan penghambat terdiri dari a)Faktor pendukung berupa komitmen yang kuat antara stakeholder yang terlibat dan akurasi data; b) Faktor penghambat berupa keterbatasan anggaran yang digunakan untuk program PTBK2 dan faktor cuaca. Rekomendasi penting yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah bagi pemerintah Kabupaten Sidoarjo Khususnya Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Sidoarjo untuk dapat melanjutkan program PTBK2 ini pada tahun berikutnya mengingat program ini masih bersifat pilot Project, mengembangkan jenis intervensi yang lain sesuai dengan kebutuhan masyarakat diwilayah intervensi, dan adanya dukungan anggaran yang memadai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/862/051509161
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Dec 2015 09:40
Last Modified: 17 Dec 2015 09:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117966
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item