Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Pegawai Negeri Sipil (Studi di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Probolinggo).

Handayani, WahyuTri (2015) Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Pegawai Negeri Sipil (Studi di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan terkait pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Probolinggo, sumber daya manusia yang paling penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yaitu Pegawai Negeri Sipil. Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu faktor pendukung pembangunan. Dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian disebutkan bahwa dalam rangka usaha mencapai tujuan nasional, diperlukan Pegawai Negeri Sipil yang berkemampuan melaksanakan tugas secara professional. Untuk meningkatkan kemampuan pelaksanaan tugas Pegawai Negeri Sipil, dapat dilakukan melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan (Diklat. Salah satu jenis Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang dikhususkan dan diperlukan dalam pembentukan kompetensi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk jabatan structural eselon III adalah Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III.Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu, bagaimanakah pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Probolinggo dan bagaimanakah efektivitas pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrument Penelitian yang digunakan yaitu peneliti sendiri yang dibantu oleh interview guide, file note, dan alat tulis. Metode analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh bahwa pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III Angkatan 226 di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Probolinggo belum bisa dikatakan efektif, hal ini ditunjukkan adanya kurangnya fasilitas selama Pendidikan dan Pelatihan berlangsung, waktu observasi lapangan kurang lama sehingga kurang mendapatkan ilmu dari observasi lapangan tersebut, dan waktu pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan kurang obyektif karena hanya berada di kelas, sehingga peserta ketika kembali ke instansi masing-masing tidak menerapkan semua teori yang telah didapatkan dari Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III tersebut

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/856/051509153
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Dec 2015 11:26
Last Modified: 17 Dec 2015 11:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117958
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item