Pelaksanaan Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) Tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk Meningkatkan Kesempatan Pendidikan (Studi Pada Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang).

Putri, DeviPrahara (2015) Pelaksanaan Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) Tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk Meningkatkan Kesempatan Pendidikan (Studi Pada Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengtahui pelaksanaan program Bantuan Siswa Miskin (BSM) pada tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Malang yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam upaya membantu siswa kurang mampu. Program BSM merupakan bentuk kompensasi pengurangan subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah, pertama terkait dengan pelaksanaan program BSM-SD di Kota Malang. Pelaksanaan program BSM di Kota Malang meliputi: tujuan program, aktor pelaksana dan kegiatan pelaksanaan program BSM-SD. Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan program BSM-SD di Kota Malang. Lokasi penelitian adalah kota Malang, sedangkan situsnya adalah kantor Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan program BSM-SD di Kota Malang kurang berjalan baik. Proses sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan masih kurang optimal. Masih terjadi ketidaktepatan sasaran penerima BSM. Namun, untuk pencairan dan penyaluran dana sudah berjalan baik. Monitoring pelaksanaan program BSM-SD berupa surat edaran ke sekolah dan evaluasi dilakukan berkaitan dengan kendala dalam pelaksanaan program BSM-SD. Faktor pendukung yaitu koordinasi yang baik antara Dinas Pendidikan Kota Malang dengan Lembaga Penyalur yaitu Bank BRI dan faktor penghambat yaitu kurangnya informasi program BSM di tingkat sekolah dan penggunaan Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Saran yang diberikan dari hasil penelitian ini adalah meningkatkan kegiatan sosialisasi dengan memanfaatkan radio dan televisi, melakukan kunjungan ke rumah siswa, meningkatkan kegiatan monitoring dengan membuat jadwal rutin ke sekolah-sekolah, dan dalam menentukan calon penerima BSM perlu data lengkap orang tua siswa yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/844/051509141
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Dec 2015 15:35
Last Modified: 16 Dec 2015 15:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117944
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item