Implementasi Kebijakan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pada Jenjang Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam (Studi Pada Bidang Madrasah Kementrian Agama Kabupaten Lamongan

Amrullah, FariedAlfian (2015) Implementasi Kebijakan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pada Jenjang Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam (Studi Pada Bidang Madrasah Kementrian Agama Kabupaten Lamongan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan merupakan agenda strategis dalam kehidupan dan pembangunan berbangsa.di Indonesia persoalan pendidikan yang dihadapi bangsa sangat kompleks. Berbagai usaha pemerintah diupayakan untuk mengatasi persoalan-persoalan pendidikan yang kompleks ini, maka pemerintah menerapkan peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan (SNP). Di kabupaten Lamongan implementasi kebijakan standar pendidikan nasional (SNP) pada jenjang madrasah dalam Meningkatkan kualitas pendidikan agama islam sangat di perlukan, karena mengingat kabupaten Lamongan merupakan salah satu kabupaten yang memiliki pendidikan pada jenjang madrasah cukup banyak, sehingga sangat perlu adanya penerapan (SNP) pada jenjang madrasah yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini berfokus pada implementasi kebijakan standar nasional pendidikan pada tingkat madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama islam dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi standar nasional pendidikan (SNP). Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dimana pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan teknik dokumentasi. Adapun fokus penelitian meliputi implementasi kebijakan standar nasional pendidikan (SNP) pada jenjang madrasah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama islam kemudian faktor pendukung dan penghambat Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan standar nasional pendidikan (SNP) ditunjukkan pada peran para aktor yang terlibat yaitu: jajaran kementrian agama bidang madrasah, guru, donator, masyarakat. Instrumen pendukung yaitu: Anggaran yang di peroleh dari ketersediaan anggaran tahunan dan SDM yaitu: Kepala sekolah, Standar administrasi sekolah, tenaga laboratorium sekolah/madrasah. Sarana dan prasarana yaitu dengan pemenuhan standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar. Diharapkan regulasi yang dijalankan harus disesuaikan dengan peraturan yang ada, dan disarankan pula agar setiap madrasah memiliki struktur organisasi dan sistem belajar mengajar serta dalam pelaksanaan SNP ini melibatkan masyarakat, komite donator untuk membantu pembiayaan di madrasah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/843/051509140
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Dec 2015 14:53
Last Modified: 16 Dec 2015 14:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117943
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item