Strategi dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Hiburan Sebagai Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Sidoarjo)

Iftianto, KandaAminullah (2015) Strategi dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Hiburan Sebagai Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan sumber dana yang harus digali secara optimal untuk menunjang pembangunan suatu pemerintah daerah. Pajak daerah merupakan salah satu komponen di dalam pendapatan asli daerah dan merupakan yang paling besar kontribusinya di dalam penghasilan PAD. Maka dari itu keberadaan pajak daerah harus benar-benar mendapat perhatian dari pemerintah untuk terus dioptimalkan dan dikembangkan potensinya agar bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kabupaten Sidoarjo dalam meningkatkan penerimaan pajak hiburan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang diambil oleh Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sidoarjo melalui penerimaan Pajak Hiburan. Penelitian ini menggunakan metode adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan ada dua jenis yaitu sumber data primer yang diperoleh melalui responden dengan cara melakukan wawancara secara langsung dan dipandu pertanyaan sesuai fokus penelitian dan sumber data sekunder yakni sumber data yang diperoleh secara tidak langsung melalui perantara seperti catatan yang tersusun dalam arsip atau buku pedoman. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kabupaten Sidoarjo dalam melakukan strategi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak hiburan telah melakukan langkah-langkah yang tepat dalam mewujudkan target tersebut. Upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kabupaten Sidoarjo adalah Intensifikasi dan Ekstensifikasi terhadap pajak daerah. Intensifikasi dilakukan dengan meningkatkan kualitas pelayanan kepada wajib pajak dan ekstensifikasi dilakukan dengan cara terus menggali potensi objek pajak yang ada. Upaya ini berhasil karena terbukti dengan perolehan PAD Kabupaten Sidoarjo dari sektor pajak hiburan selalu melampaui target yang ditetapkan pada tahun 2011-2014.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/840/051509137
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Dec 2015 14:30
Last Modified: 16 Dec 2015 14:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117940
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item