Pengaruh Faktor Internal Psikologis Wisatawan Terhadap Pengambilan Keputusan Tempat Menginap” (Survei padaWisatawan yang menginap di Kertanegara Premium Guesthouse Kota Malang),

Wahyuni, Hardian (2015) Pengaruh Faktor Internal Psikologis Wisatawan Terhadap Pengambilan Keputusan Tempat Menginap” (Survei padaWisatawan yang menginap di Kertanegara Premium Guesthouse Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan suatu aktivitas yang berhubungan dengan perjalanan untuk berlibur.Semakin berkembangnya bidang pariwisata, harus di imbangi dengan ketersediaan akomodasi, salah satunya adalah akomodasi penginapan.Contoh akomodasi penginapan yang sedang berkembang di Kota Malang adalah Kertanegara Premium Guesthouse. Kertanegara Premium Guesthouse mempunyai keunggulan dan ciri khas dalam menarik perhatian konsumen, yakni lokasi yang strategis, tepat di tengah kota, dan pemberian pelayanan serta interior bernuansakan adat Jawa Modern. Kertanegara Premium Guesthouse hadir dengan harga yang terjangkau, terutamabagi pengunjung menengah ke atas.Banyaknya pilihan yang ditawarkan oleh akomodasi penginapan, menjadi bahan pertimbangan konsumen, sebelum pada akhirnya memilih. Proses memilih dan mengambil keputusan untuk membeli, dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Dalam penelitian ini, faktor internal psikologis wisatawan seperti motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian, dan sikap, akan menjadi bahan pertimbangan sebelum memilih tempat menginap. Melihat permasalahan yang ada, peneliti mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh faktor internal psikologis wisatawan dalam mengambil keputusan tempat menginap. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengunjung wisatawan di Kertanegara Premium Guesthouse, dan diambil 113 responden sebagai sampel.Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan kuesioner dan observasi lapangan sebagai metode pengumpulan data.Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa semua faktor internal psikologis wisatawan mempunyai pengaruh dalam pengambilan keputusan tempat menginap. Jika dianalisis secara parsial, faktor motivasi dan sikap adalah faktor yang berpengaruh dan signifikan dalam proses pengambilan keputusan, sedangkan faktor persepsi, pembelajaran, dan kepribadian adalah faktor yang berpengaruh tetapi tidak signifikan. Hal ini disebabkan karena setiap wisatawan mempunyai persepsi, cara belajar, dan kepribadian yang berbeda. Dari kelima faktor internal psikologis wisatawan, faktor sikap adalah yang paling dominan, berpengaruh besar dalam proses pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/838/051509135
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Dec 2015 14:23
Last Modified: 16 Dec 2015 14:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117937
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item