Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Zakat, Infak dan Sedekah” (Studi pada Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) Malang),

Ismail, Adhadi (2015) Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Zakat, Infak dan Sedekah” (Studi pada Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan lembaga pengelola zakat di Indonesia. Perkembangan lembaga pengelola zakat ternyata tidak berdampak signifikan terhadap pertumbuhan penerimaan zakat di Indonesia. Salah satu faktor yang menghambat peningkatan penerimaan zakat di Indonesia adalah pengelolaan lembaga zakat yang kurang professional dan terbuka. Pengelolaan zakat harus memenuhi kriteria pengendalian intern agar zakat sebagai asset dapat terlindungi dari moral hazard. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem pengendalian intern penerimaan zakat, infak dan sedekah pada YDSF Malang. Penelitian ini juga akan mengevaluasi dan menganalisis pengendalian intern penerimaan zakat, infak dan sedekah pada YDSF Malang. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif dan fokus penelitian ini adalah sistem dan prosedur penerimaan zakat, infak, sedekah dan struktur organisasi yayasan YDSF Malang. Lokasi penelitian ini dilakukan di YDSF Malang. Secara umum pengendalian intern pada YDSF Malang sudah cukup baik akan tetapi masih terdapat beberapa fungsi yang dirangkap dan penyetoran dana zakat yang belum rutin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengendalian intern pada YDSF Malang cukup baik, tetapi masih ada beberpa hal yang perlu diperbaiki. Pada struktur organisasi masih ada perangkapan fungsi karena tidak adanya fungsi kasir, ini berpengaruh pada pegendalian intern penerimaan zakat. Sedangkan formulir pada YDSF Malang cukup baik, hanya perlu memberi nomor urut tercetak pada beberapa formulir. Kesimpulan penelitian ini adalah pengendalian intern penerimaan zakat, infak dan sedekah pada YDSF Malang sudah dilakukan dengan baik. Hal yang perlu diperhatikan YDSF Malang adalah perangkapan fungsi kasir yang harus segara diperbaiki dan menambah fungsi audit internal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/816/051509113
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Dec 2015 09:30
Last Modified: 18 Dec 2015 09:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117912
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item