Analisis Kebutuhan Konsumen Dalam Pengembangan Jenang Dengan Metode Fuzzy Quality Function Deployment (FQFD) (Studi Kasus Di UD. Bu Sulasmi, Kabupaten Blitar)

Arifa, Luluk Mei (2017) Analisis Kebutuhan Konsumen Dalam Pengembangan Jenang Dengan Metode Fuzzy Quality Function Deployment (FQFD) (Studi Kasus Di UD. Bu Sulasmi, Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jenang merupakan makanan tradisional di Indonesia, khususnya di daerah Jawa yang tetap dicari sampai saat ini sebagai oleh-oleh khas daerah. Salah satu pusat produksi jenang di Kabupaten Blitar adalah UD. Bu Sulasmi. Permasalahan yang dihadapi UD. Bu Sulasmi saat ini adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan belum sepenuhnya maksimal jika dilihat dari hasil penjualan jenang yang masih rendah yaitu hanya mencapai 60% dari target yang diharapkan. Rendahnya penjualan jenang dikarenakan banyaknya pesaing sehingga menimbulkan persaingan yang ketat dalam memperoleh konsumen, sedangkan jenang dari UD. Bu Sulasmi hanya dipasarkan di outlet serta menerima pesanan. Oleh karena itu, diperlukan suatu usaha untuk meningkatkan jumlah penjualan jenang serta agar mampu bersaing dengan perusahaan pesaing lain dengan memperbaiki sekaligus meningkatkan kualitas jenang. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menentukan kebutuhan konsumen terhadap kualitas jenang serta memberikan usulan prioritas perbaikan kepada perusahaan dengan memperhatikan karakteristik teknis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Fuzzy Quality Function Deployment (FQFD). FQFD merupakan metode yang mampu menerjemahkan kebutuhan konsumen ke dalam sebuah produk guna memperbaiki maupun mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen dengan melibatkan metode fuzzy untuk memperjelas ketidakpastian dari penilaian yang diberikan oleh konsumen. FQFD level I digunakan untuk menerjemahkan kebutuhan konsumen ke dalam respon teknis dan menentukan prioritas respon teknis yang harus dilakukan. FQFD level II digunakan untuk menerjemahkan respon teknis terpilih ke dalam part kritis dan menentukan prioritas respon teknis terpilih yang mendukung perbaikan teknis. Kebutuhan konsumen dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebar kepada konsumen jenang UD. Bu Sulasmi. kuesioner juga diberikan kepada pemilik usaha untuk mengidentifikasi respon teknis, part kritis, dan penilaian hubungan yang diperlukan dalam metode FQFD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut jenang yang dipentingkan oleh konsumen untuk memenuhi kepuasannya adalah tercantumnya tanggal kadaluwarsa (CR10) dengan nilai 0,0796. Nilai rata-rata kepuasan konsumen UD. Bu Sulasmi menunjukkan bahwa konsumen memberikan nilai rendah pada seluruh atribut jenang dengan memberikan nilai lebih rendah dari pesaingnya Omah Jenang. Respon teknis yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen adalah perancangan desain kemasan dengan nilai 590,13. Part kritis yang menjadi prioritas adalah jenis kemasan sekunder dengan nilai 319,09. Dengan demikian, perusahaan disarankan untuk memperbaiki perancangan desain kemasan dengan membuat kemasan sekunder menggunakan karton.

English Abstract

Jenang, an Indonesian traditional food, especially in Java, still shows high demand as souvenir of particular area. One of jenang production center in Blitar is UD. Bu Sulasmi. But the problem to face now is that the marketing activities undertaken has not been fully maximized. It only reaches 60% of the expected target. The low sales of Jenang due to the number of competitors, resulting in intense competition in obtaining consumers, while jenang by UD. Bu Sulasmi is only marketed at outlets and by orders. Therefore, it is necessary to do some effort to increase the sales of jenang and also upgrade the product quality to be able to compete with other companies. Based on the problem, the research was conducted to determine consumers need on jenang quality and to give priority improvement proposal to the company by taking into account the technical characteristics. The research was conducted by using Fuzzy Quality Function Deployment (FQFD) Method. FQFD method could translate the needs of consumers into a product to improve and develop products according to consumer needs by involving fuzzy method in order to clarify the uncertainty of the assessment provided by consumers. Level I FQFD is used to translate the consumer needs into technical response and determine the technical response priority to be performed. Level II FQFD is used to translate the chosen technical response into critical part and determine the chosen technical of response priority supporting the technical improvement. The consumer needs were collected using questionnaires spread to consumers of jenang by UD. Bu Sulasmi. The questionnaires were also given to business owners to identify the technical responses, critical part, and assessment of the relationship required in FQFD method. Result of the research showed that the required attribute of jenang to satisfy the consumers was the expired date label (CR10) with a value of 0,0796. The average value of consumers satisfaction of UD. Bu Sulasmi indicated that consumers were not satisfied to all of attribute, by presenting lower value than Omah Jenang, the competitor. Technical response required to fulfill the needs of consumers was the design of packaging, with a value of 590,13. The critical part of the priority was the type of secondary packaging with a value of 319,09. Therefore, it’s better for the company to improve packaging design planning by making secondary package by using cartoon.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/247/051704810
Uncontrolled Keywords: jenang, kebutuhan, kualitas.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.56 Product control, packaging; waste control and utilization > 658.562 Quality control
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Aug 2017 02:52
Last Modified: 29 Nov 2021 03:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1179
[thumbnail of Luluk Mei Arifa.pdf]
Preview
Text
Luluk Mei Arifa.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item